alexametrics

5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Buang Jauh Energi Negatif!

Muhammad Hafizh Ramadhan
5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Buang Jauh Energi Negatif!
Ilustrasi tips meningkatkan percaya diri (pexels/@mentatdgt-330508)

Ada banyak orang yang memiliki sikap rendah diri. Mereka umumnya membutuhkan berbagai tips meningkatkan rasa percaya diri. Sejatinya, rasa percaya diri datang dari dorongan yang berasal dari diri seseorang untuk dapat memahami diri sendiri, percaya terhadap kemampuan yang dimiliki dan bertindak sesuai keyakinan. Rasa percaya diri merupakan wujud bahwa kamu sudah menghargai diri sendiri. Dengan perasaan ini, kualitas hidup kamu akan jauh lebih berkembang.

Oleh karena itu, kamu harus meningkatkan rasa kepercayaan diri. Berikut adalah 5 tips meningkatkan rasa percaya diri.

1. Jangan bandingkan diri dengan orang lain

Kamu harus ingat, hidup bukanlah sebuah perlombaan. Kamu barangkali sering menganggap dirimu kalah dari keberhasilan teman. Atau mungkin kamu iri ketika mendengar gaji teman lebih tinggi. Bahkan mungkin kamu tidak percaya diri lantaran fisik orang lain menurutmu lebih baik. Jika suatu saat pikiran tersebut muncul di pikiranmu lagi, ingat bahwa hal itu adalah perilaku yang sia-sia.

2. Terima keraguan dalam diri

Jika kamu mempunyai keraguan pada dirimu, maka itu adalah hal yang biasa, bahkan untuk orang yang mempunyai cukup pengalaman. Dalam mengerjakan sesuatu, kamu tidak perlu percaya diri sepenuhnya. Sebab, menerima keraguan pun bukanlah mengerjakan sesuatu tanpa perencanaan. Kamu tetap harus paham apa yang akan dihadapi dengan tetap menerima keraguan dalam diri.

3. Melawan pikiran negatif

Saat hendak mengangkat beban dari satu galon, pikiran negatif mungkin membisikkan bahwa kamu tidak bisa mengangkat itu. Nah, cara terbaik untuk merespons pikiran negatif tersebut yaitu hanya dengan melawannya. Kamu tetap dapat mengerjakan sesuatu yang bagimu tidak bisa dilakukan.

4. Terapkan gaya hidup sehat dan self-care

Gaya hidup yang tidak sehat dapat membuat tubuh kamu tersiksa. Contohnya seperti tidak beristirahat yang cukup, kurang makan makanan bernutrisi atau jarang olahraga. Diketahui gaya hidup sehat bukan cuma membuat fisikmu sehat, tetapi juga bisa meningkatkan kondisi mental dan rasa percaya diri. Terapkan gaya hidup sehat yang dibarengi dengan self-care.

5. Menerapkan self-compassion

Memahami diri sendiri itu perlu, khususnya pada saat mengalami situasi yang tidak mengenakan. Misalnya, kamu sedang menghadapi kegagalan atau membuat kesalahan yang sering menurunkan rasa percaya diri. Kamu dapat memahami bahwa dirimu adalah manusia yang sepenuhnya, dengan menjalankan self-compassion ini. Tidak ada salahnya, kamu untuk berbicara pada diri sendiri atau bahkan menertawakannya.

Nah, itulah 5 tips meningkatkan rasa percaya diri. Terapkan agar lebih positif untuk dirimu dan sekitar!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak