facebook

4 Hal yang Harus Diketahui Saat Menjalani Ketidakpastian Hidup, Hadapi!

Muhammad Hafizh Ramadhan
4 Hal yang Harus Diketahui Saat Menjalani Ketidakpastian Hidup, Hadapi!
Ilustrasi wanita sedang termenung (pexels.com) / @liza-summer

Selama kamu masih diberikan kesempatan untuk hidup, bersiaplah untuk selalu mengalami perubahan. Kamu harus bersiap meninggalkan zona nyaman dan juga bersiap untuk menjalani ketidakpastian dalam hidup. Ya, perubahan seringkali menjadi hal yang sungguh menakutkan.

Berikut 4 hal yang harus kamu tahu saat menjalani ketidakpastian hidup.

1. Takut adalah hal yang wajar

Jika kamu sekarang merasa takut tentang jalan hidup kamu yang baru, perubahan yang sedang kamu alami, walaupun sebenarnya kamu tahu bahwa itu adalah jalan yang paling benar. Namun kamu masih merasa takut, jangan khawatir, itu adalah sesuatu yang wajar dan terkadang kita harus membiarkan diri kita untuk menyambut rasa ketakutan itu.

Kenapa begitu? Sebab, itu artinya kamu memang sedang bertumbuh. Ingatlah bahwa berani itu bukan berarti kita tidak punya rasa takut, tapi berani itu adalah walaupun kita takut tapi tetap terus melangkah, terus bergerak, dan kita terus melakukan hal-hal yang memang seharusnya dilakukan.

2. Perubahan akan berujung sebuah kebaikan

Perubahan mungkin saja bisa menjadi proses yang sungguh melelahkan, karena kamu harus menjauh dari kenyamanan dan harus bergerak menuju suatu tempat yang mungkin kamu enggak tahu seperti apa prosesnya dan seperti apa ending-nya. Kadang itu melelahkan dan mungkin mengerikan, tapi percayalah sebuah perubahan pasti akan selalu berujung dengan sebuah kebaikan.

3. Tidak ada yang namanya kebetulan, semua sudah direncanakan Tuhan

Percayalah bahwa di hidup ini tidak ada yang namanya kebetulan, segala sesuatu yang sudah diizinkan oleh Tuhan pasti ada untuk sebuah alasan. Kamu harus memiliki keyakinan, iman, dan percaya.

Di tengah ketidakpastian dan di tengah perubahan yang terjadi, penting juga untuk kamu bisa menjaga kesadaran kamu untuk selalu berada dalam kondisi yang baik, berprasangka baik, berpikir baik, dan mengucapkan hal-hal yang baik.

4. Dengarkan suara hati kamu sendiri

Sesekali, penting bagi kamu untuk berbicara dengan dirimu sendiri dan untuk kamu bisa mendengarkan suara hati, tidak perlu dengar suara kanan kiri. Percaya terhadap suara hati kamu sendiri dan jangan sampai membiarkan orang lain menaklukan keputusan kamu.

Apalagi kalau itu keputusan penting dalam hidup kamu, hiduplah dengan keputusan yang kamu buat. Tidak akan ada yang bisa mengerti bagaimana perasaan kamu kecuali diri kamu sendiri.

Namun, memutuskan keputusan atas dirimu sendiri, bukan berarti kamu egois dan enggan menerima saran-saran baik dari orang lain. Apabila kamu kebingungan, tidak ada salahnya bertanya, tapi cerna kembali saran atau masukan yang diberikan orang lain, apakah itu cocok dengan yang kamu inginkan atau tidak.

Jadi, kalau kamu sekarang sedang berada dalam sebuah proses perubahan dan kamu mungkin agak sedikit tidak nyaman dan takut, hargailah prosesnya. Hal paling penting adalah jangan takut untuk mengambil risiko dan terus melangkah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak