facebook

Lakukan 4 Tips Ini jika Satu Kantor dengan Mantan, Harus Profesional!

Bagus Pra
Lakukan 4 Tips Ini jika Satu Kantor dengan Mantan, Harus Profesional!
Ilustrasi satu kantor dengan mantan (pexels/Gustavo Fring).

Memiliki hubungan asmara dengan rekan kerja memang bukanlah hal yang dilarang. Hal itu justru akan jauh lebih, apabila bisa profesional dan meniti karier bersama. Namun, dalam menjalani hubungan asmara, tentu akan ada risiko yang mesti dilalui, salah satunya harus mengakhiri kisah cinta.

Kalau sudah seperti itu, memang akan ada kecanggungan dengan mantan selama bekerja bareng. Namun, bagaimanapun juga, kita tidak dapat mencampuri urusan pribadi dan pekerjaan. Maka dari itu, lakukan empat tips ini jika kamu satu kantor dengan mantan agar tetap bisa profesional. Yuk, disimak pembahasannya berikut ini!

1. Bersikap ramah dan memberikan respon positif selama bekerja

Walaupun kamu memiliki kisah masa lalu bersama mantanmu, maka tetap perlu bersikap profesional. Meski hal ini tidak mudah untuk dilakukan, mau enggak mau harus kamu lakukan. Kamu harus bisa memisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Maksudnya bukan memaksamu untuk bersikap palsu, tetapi hal ini dilakukan demi menjaga etika dalam bekerja. Bagaimanapun juga, kamu tidak boleh melibatkan antara perasaan ketika sedang bekerja.

2. Bersikap biasa saja selama bekerja

Meskipun hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan, bagaimanapun juga, kamu tetap harus berinteraksi bersamanya untuk kepentingan pekerjaan. Maka dari itu, sudah seharusnya kamu dapat menghilangkan kecanggungan di antara kalian dengan bersikap biasa saja.

Hal ini dilakukan untuk lebih leluasa dan nyaman selama kamu bekerja. Jika kamu bisa melakukannya, pasti pun dia akan melakukan hal yang sama sepertimu.

3. Tidak menyinggung soal pribadi selama menjalin kerja sama

Biar urusan pekerjaan dapat berjalan sebagaimana mestinya, maka kamu tidak perlu menyinggung soal kehidupan pribadi kalian selama kerja sama. Maka dari itu, sikap profesional perlu kamu terapkan untuk tidak melibatkan perasaan.

Perlakukan dia sewajarnya kamu memperlakukan pada rekan kerja lainnya. Alhasil, secara perlahan kamu dapat menahan untuk tidak membawa urusan pribadi pada pekerjaan.

4. Jangan menunjukkan sikap benci selama bekerja

Menjaga sikap tentu harus kamu lakukan untuk menjaga etika di tempat kerja. Hal ini pun berlaku juga pada mantanmu, ya. Meskipun kalian tetap harus bekerjasama, maka jangan sesekali untuk menunjukkan rasa kebencianmu terhadapnya.

Membuat suasana kerja lebih nyaman itu adalah hal yang penting, meskipun harus berhadapan dengan mantanmu sendiri. Kalau kamu bersikap yang tidak sewajarnya yang menyebabkannya merasa tidak nyaman, jangan sampai terjadi, ya. Sebab, akan mengganggu kerja sama tim dan membuat kinerjamu akan terlihat menurun.

Dengan siapapun kamu harus bekerja sama, maka harus bisa bersikap profesional dan tidak mencampurinya dengan urusan pribadi. Maka dari itu, terapkan empat tips di atas agar tidak mengganggumu selama bekerja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak