alexametrics

Jangan Malu dengan 5 Hal Ini, Kamu Setara dan Berhak Bahagia!

Muhammad Hafizh Ramadhan
Jangan Malu dengan 5 Hal Ini, Kamu Setara dan Berhak Bahagia!
Ilustrasi wanita menutup wajahnya (pexels.com/@pragyanbezbo)

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa malu, karena perasaan tersebut memanglah wajar. Rasa malu membuat seseorang menyembunyikan diri saat ingin melakukan sesuatu agar orang lain tidak tahu. Malu itu adalah etika yang baik ketika kamu melakukannya pada tempat semestinya.

Namun, kalau kamu malu dengan hal-hal yang tidak pada tempatnya atau seharusnya, itu menjadi tidak baik, seperti berikut ini.

1. Pekerjaanmu

Banyak orang suka minder dengan pekerjaannya, kurang bergengsi katanya. Ketika ditanya “Apa pekerjaan kamu saat ini?” umumnya mereka akan menjawab, “Saya cuma karyawan biasa kok.” Hal ini yang perlu kamu hindari. Cobalah berhenti memikirkan hal-hal seperti itu. Semua pekerjaan itu baik, asalkan kamu bahagia dengan pekerjaan kamu.

Jadi, enggak perlu malu jika pekerjaan kamu biasa-biasa saja, justru malulah kalau kamu malas bekerja dan tidak berbuat apa-apa.

2. Masa lalumu

Apakah kamu masih suka terjebak dengan masa lalu? Kamu enggak perlu malu dengan masa lalu walaupun seburuk apa pun itu, terlebih jika berujung pada menyalahkan diri sendiri. Justru kamu perlu malu jika kamu nyaman dengan keburukan dan kesalahan itu, lalu tidak berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi.

Ingat, masa lalu itu memang enggak akan pernah bisa kembali, tapi masa lalu bisa menjadi alasan untuk kamu berjuang hari ini.

3. Harta milikmu

Pernah enggak kamu merasa tidak percaya diri ketika melihat postingan teman-teman kamu yang terlihat lebih sukses, lebih kaya, lebih cantik, lebih ganteng, dan lebih punya segalanya? Nah, pemikiran tersebut jangan sampai kamu jadikan sebagai hal untuk kemu merasa malu.

Nilai diri kamu itu tidak ditentukan dari seberapa besar rumah kamu, mobilmu, dan tidak juga ditentukan dari seberapa besar saldo tabunganmu. Janganlah malu kalau kamu merasa tampak di bawah mereka, tapi malulah kalau kamu hanya berpura-pura kaya.

4. Keluargamu

Selanjutnya, kamu enggak perlu malu soal keluargamu, terlebih jika alasanmu malu karena didasari hal-hal kurang penting. Pernah enggak kamu berpikir keluargamu tidak seharmonis keluarga tetangga atau keluargamu cuma orang biasa.

Kalau kamu berpikir seperti itu, kamu salah. Kamu ada seperti saat ini karena mereka juga, dari jerih lelah mereka dan juga karena doa-doa mereka. Terkadang, memang kita kerap tumbuh menjadi lebih baik dan kuat dari rasa sakit.

Jadi janganlah malu ketika keluargamu biasa-biasa saja, tapi malulah ketika kamu masih banyak menuntut tanpa memikirkan mereka. Kamu juga perlu mengapresiasi dirimu, karena sudah bertahan dari berbagai rasa sakit yang mungkin ditimhulkan oleh keluargamu sendiri.

5. Kesederhanaanmu

Hidup itu sederhana, hanya saja kadang gengsi yang membuat susah. Orang yang berlebihan bisa saja enggak bahagia, karena terlilit hutang. Kesederhanaan itulah yang membuat kamu bisa tenang dan bahagia. Malu itu bukan hidup sederhana, melainkan hidup mewah tapi memaksa.

Nah, itulah 5 hal yang enggak perlu membuat kamu merasa malu. Kamu setara dan berhak bahagia dengan segala yang kamu punya. Jika kamu masih melakukannya, segera hindari 5 hal tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak