facebook

4 Ciri Pertemanan Toksik yang Harus Dihindari demi Kedamaian Hidup

Susanti ..
4 Ciri Pertemanan Toksik yang Harus Dihindari demi Kedamaian Hidup
Ilustrasi pertemanan toksik (pexels.com/EkaterinaBolovtsova)

Walaupun banyak keuntungan yang bisa kamu dapat lewat pertemanan, tetapi tidak semua teman bisa memberi dampak positif, lho! Ada pula jenis teman yang justru sebaiknya kamu hindari demi kehidupan yang damai dan bahagia, yakni jenis teman beracun atau teman yang toksik.

Supaya kamu tidak terkecoh, sebaiknya kenali beberapa ciri pertemanan yang beracun ini. Berikut akan dibahas lebih lanjut!

1. Teman yang hanya mengutamakan kepentingan dirinya sendiri

Ciri pertama dari teman yang toksik, adalah yang cuma sibuk memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Tipe teman egois seperti ini bila kamu dekati bisa menguras energimu, lho! Sebab, kamu hanya akan dibuat kesal oleh berbagai tindakan toksiknya.

Teman yang egois, sering kali tidak peduli apakah tindakannya itu akan merugikan kamu, yang penting dia mendapat untung dan kepuasan tersendiri.

2. Teman yang mulutnya tidak bisa jaga rahasia

Di antara keuntungan berteman, yaitu kamu punya tempat untuk bisa curhat mengenai berbagai permasalahan serta bisa dengan bebas mengungkapkan rahasiamu. Namun, tidak semua teman bisa aman jadi tempatmu bercerita.

Teman yang toksik, justru bisa jadi sumber masalah, karena mulutnya yang tidak bisa jaga rahasia. Oleh karena itu, kalau kamu punya teman yang sering menceritakan aib orang lain, atau yang sering keceplosan, sebaiknya jangan jadikan mereka teman dekat. Aib atau rahasiamu bisa terbongkar dan meluas ke mana-mana!

3. Hanya hadir saat dia butuh saja

Ciri lain dari teman yang toksik, adalah ketulusan perasaannya ke kamu dipertanyakan. Gimana tidak, dia hanya hadir dan perhatian kalau sedang butuh bantuanmu saja. Kalau sudah, ya udah menghilang lagi.

4. Banyak drama

Salah satu penyebab kenapa bergaul dengan teman yang toksik bisa merusak kedamaian hidupmu, karena mereka biasanya banyak drama. Sering banget ada masalah. Misalnya bertengkar, salah paham, atau lainnya. Pokoknya jarang banget selama berteman dengannya, kamu bisa tenang.

Drama seperti ini bisa menguras energi serta membuang-buang waktumu, lho. Harusnya waktumu bisa digunakan untuk hal lain lebih berguna, tapi malah jadi mengurusi masalahnya.

Nah, itu dia 4 ciri pertemanan toksik yang harus segera dihindari demi kedamaian dan ketenangan hidupmu. Apakah kamu pernah mengalami punya teman dengan 4 ciri di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak