facebook

Kesal Menghadapi Masa Sulit? Ini 5 Cara Bersyukur di Setiap Keadaan!

Muhammad Hafizh Ramadhan
Kesal Menghadapi Masa Sulit? Ini 5 Cara Bersyukur di Setiap Keadaan!
Ilustrasi pria berlutut sedang berdoa (pexels.com/@baybiyik)

Kita diberikan nikmat oleh Tuhan setiap harinya. Namun, masih ada orang yang bersyukur terhadap nikmat yang telah diberikan kepadanya. Orang-orang seperti itu biasanya sering merasa kekurangan, cemas terhadap masa depan nantinya, dan suka menyalahkan keadaan.

Jika kamu berada dalam posisi yang sulit dan ingin bahagia, maka bersyukur adalah hal yang tepat untuk dilakukan agar dapat menjalani hari tanpa beban serta tetap bahagia. Berikut adalah 5 cara bersyukur di setiap keadaan.

1. Yakin dengan rezeki yang sudah diberikan

Salah satu cara kita bersyukur adalah meyakini bahwa setiap orang sudah ada rezekinya masing-masing. Hal itu menghindarkan kita dari perasaan iri kepada orang lain. Kamu bisa tetap berusaha semaksimal mungkin dalam bekerja dan tidak memikirkan lagi kapan rezeki itu tiba. Cukup meyakini rezeki akan tiba pada waktu yang tepat.

2. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Ketika seseorang berhasil meraih suatu kesuksesannya, terkadang mereka melupakan Tuhannya. Namun, ketika berada dalam keadaan yang sulit, mereka kembali mengingat kepada Tuhan.

Orang-orang tersebut biasanya mudah melupakan segala sesuatu yang telah diberikan kepadanya saat mencapai kesuksesan. Termasuk pula rezeki dan segala nikmat yang telah Tuhan berikan. Jadi, baik kamu dalam keadaan bahagia ataupun sulit, ingatlah kepada Tuhan. Sebab, Tuhan yang memberikan segalanya kepadamu, jadi jangan sampai melupakan-Nya.

3. Jangan mengeluh

Mengeluh itu hanya membuat kamu semakin mengecilkan diri sendiri, menimbulkan pikiran-pikiran negatif, dan tidak punya kemampuan. Kamu bisa berterima kasih kepada Tuhan atas hidupmu selama ini. Kamu juga bisa terus berterima kasihkepada dirimu sendiri. Sebab, diri kamulah yang berjuang sampai saat ini. Jangan lupa juga untuk berterima kasih kepada keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat yang selama ini selalu ada di sisimu.

4. Lihatlah ke bawah

Melihat ke bawah ketika kamu berada di keadaan yang sulit adalah cara agar bisa selalu bersyukur. Mungkin banyak orang di luar sana hidup dalam keterbatasan dan lebih sulit dari kamu. Namun, mereka masih bisa berjuang dan hidup bahagia. Lantas mengapa kamu saat ini merasa kurang dan tidak mensyukuri nikmat yang ada?

5. Berhenti melihat pencapaian orang lain

Berhenti melihat pencapaian orang lain membuat kamu bisa bersyukur saat menjalani keadaan yang sulit. Janganlah kamu membandingkan proses dirimu dengan kesuksesan orang lain. Justru yang harusnya kamu lihat itu adalah bagaimana caranya orang tersebut bisa meraih kesuksesan

Nah, itulah 5 cara bersyukur di setiap keadaan. Cobalah untuk selalu bersyukur, karena rasa syukur itu bisa tetap membuat kamu berdiri dengan tegap dan melangkah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak