facebook

Selamat! BTS Pecahkan Rekor Taylor Swift di Billboard Digital Sales Chart

Shinta Ci
Selamat! BTS Pecahkan Rekor Taylor Swift di Billboard Digital Sales Chart
BTS Butter (Soompi)

Seperti yang diketahui bersama, Billboard memperbaharui seluruh chart mereka setiap minggunya. Billboard chart telah merilis secara resmi bahwa BTS kini memegang rekor untuk artis yang bertahan paling lama di posisi No. 1 chart Billboard Digital Song Sales Chart melampaui rekor yang dipegang sebelumnya oleh Taylor Swift.

Billboard Digital Song Sales Chart adalah bagan yang memberikan peringkat pada lagu yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat. Datanya dikompilasikan oleh Nielsen SoundScan berdasarkan penjualan digital mingguan pada setiap lagu, sehingga bisa dipastikan jika setiap lagu yang masuk chart benar-benar lagu yang paling banyak diunduh dan dibeli secara digital.

Chartdata melansir bahwa artis yang bertahan paling lama di posisi No. 1 Billboard Digital Song Sales Chart, yaitu:

  1. BTS — 46 Minggu
  2. Taylor Swift — 45 Minggu

Selain itu, lagu "Butter" milik BTS kembali masuk pada Digital Song Sales Chart minggu ini dan menduduki posisi No. 1 dengan 26,5 Ribu terjual, naik 1,550%. Ini menjadi minggu ke-18 "Butter" menduduki posisi No. 1 pada chart.

Dengan demikian, "Butter" kini setara dengan "Dynamite" sebagai lagu dengan Minggu terbanyak di posisi No. 1 dalam sejarah Billboard Digital Song Sales Chart.

Adapun lagu yang bertahan paling lama di posisi No. 1 dalam sejarah Billboard Digital Song Sales Chart, yaitu:

  1. Dynamite — 18 Minggu
  2. Butter — 18 Minggu
  3. Despacito — 17 Minggu
  4. Old Town Road — 16 Minggu

Sementara, lagu artis Korea yang bertahan paling lama di posisi No. 1 Billboard Digital Song Sales Chart dapat dilihat di bawah ini.

  1. Dynamite — 18 Minggu
  2. Butter — 18 Minggu
  3. Gangnam Style — 6 Minggu
  4. Life Goes On — 3 Minggu
  5. My Universe — 2 Minggu
  6. ON, Fake Love, IDOL, Film Out, Permission to Dance — 1 Minggu

Selain BTS dan PSY, dalam daftar ini tidak ada lagu lain dari artis Korea yang mencapai posisi No. 1 di Billboard Digital Song Sales Chart. Tidak bisa dimungkiri lagi jika BTS sangat mendominasi pasar industri musik, baik di Amerika maupun di Korea. 

Baru-baru ini saja, BTS berhasil menyapu bersih 4 penghargaan utama atau Daesang di Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2021.

Penilaian Daesang MAMA 2021 dilakukan tanpa adanya fans voting, melainkan oleh Juri dan kriteria lain seperti digital song sales, record sales, music video, dan global music streaming.

Meski BTS tidak menghadiri upacara penghargaan pada tahun 2021 ini, mereka tetap menunjukkan kehadirannya dengan menang total 9 penghargaan, termasuk 4 Daesang.

Selain itu, BTS kini menjadi Artis dengan Daesang terbanyak dalam sejarah MAMA. Bertikut total Daesang BTS di MAMA.

  • Artist Of The Year (6)  — yang terhitung sejak tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, & 2021.
  • Album Of The Year (4) —  yang terhitung sejak tahun 2018, 2019, 2020, & 2021.
  • Song Of The Year (3) — yang terhitung sejak tahun 2019, 2020, & 2021.
  • Worldwide Icon Of The Year (4) — yang terhitung sejak tahun 2018, 2019, 2020, & 2021.

BTS menjadi Artis Pertama yang memenangkan Daesang All-Kill di MAMA selama 3 tahun berturut-turut. Dengan menambahkan 4 penghargaan Daesang terbaru, kini BTS tetap memegang rekor mereka sebagai artis pertama dalam sejarah yang berhasil meraih penghargaan Daesang terbanyak. BTS kini secara keseluruhan memiliki total 63 Daesang.

Selamat untuk BTS!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak