facebook

4 Faktor yang Dapat Memengaruhi Kualitas Hidup, Kamu Harus Tahu!

Rizki Putra
4 Faktor yang Dapat Memengaruhi Kualitas Hidup, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi seorang pria (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Dalam menjalani keseharian, tentu ada banyak beragam faktor yang memengaruhi kehidupan kita. Sehingga, apa yang kita lakukan akan menentukan seberapa kualiatas hidup yang dijalani. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan perbuatan dan ucapan dalam keseharian.

Supaya hidupmu bisa memiliki kualitas yang baik, maka harus mau mengubah kebiasaan buruk yang sebaiknya untuk dihindari. Nah, ini dia beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas hidupmu yang mesti kamu perhatikan, ya.

1. Dengan siapa kamu menjalin relasi

Relasi yang kamu bangun saat ini dapat turut memengaruhi kualitas hidupmu. Kalau sudah masuk komunitas, maka carilah yang bisa memberikan dampak positif bagi para anggotanya hingga untuk lingkungan sekitarnya. Jika telah masuk dalam komunitas seperti itu, maka menggunakan waktu dan tenanga kita disalurkan dengan beragam kegiatan yang positif atau bermanfaat.

Terlebih lagi, entah itu lingkungan komunitas atau pertemanan, bisa membawa seseorang menuju ke arah pribadi yang lebih baik. Berteman dengan lingkungan yang sehat dan suportif, bisa menjadi sumber kebahagiaan dan hidup jadi penuh makna.

2. Siapa yang menjadi sosok inspirasi untukmu

Kalau sudah mengagumi seseorang, maka jangan heran jika sikap, pemikiran, atau perilaku kita akan meniru dirinya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarangan memilih seseorang untuk dijadikan inspirasi karena dapat memengaruhi kualitas hidup.

Namun, tak melulu sosok inspiratif untukmu harus tokoh-tokoh terkenal. Bisa dari orang terdekat, teman, atau bahkan pasanganmu. Tapi, ambil sisi baiknya saja dari orang tersebut. Jika kamu menerapkan hal yang sama seperti mereka, tentu perbuatanmu pun menjadi ke arah yang lebih baik.

3. Hal yang sedang dilakukan di masa sekarang

Mungkin kita sudah pernah mendengar kata populer yang mengatakan, “Dirimu di masa depan merupakan cerminan di masa sekarang”. Oleh karena itu, melakukan kegiatan yang positif di masa sekarang tentu akan menjadi investasimu di masa yang akan datang. Hal ini dapat turut memengaruhi kualitas hidupmu.

Kenyataanya, kita pun juga ingin merasakan nikmatnya masa muda yang mungkin tak akan terulang di masa depan. Namun, tetap harus merencakanan strategi untuk memperoleh tujuan hidup juga, ya. Bagaimanapun juga, waktu akan terus bergulir, kamu pun harus bisa memperioritas hidupmu dengan lebih bijak agar tetap dapat produktif.

4. Hal yang kamu baca dan saksikan

Setiap tayangan film, serial, ataupun buku tentu memiliki nilai yang terkandung di dalamnya. Namun, kamu perlu lebih mengkritisinya apakah ada hal yang negatif atau memberikan dampak buruk bagi penikmatnya dan termasuk dirimu sendiri. Sebab, hal yang kamu baca dan saksikan dapat memengaruhi juga kualitas hidupmu.

Oleh karena itu, jika kamu mengonsumsi bacaan atau tayangan yang membawa value positif, hal ini justru akan dapat kamu terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari. Sehingga, akan membantumu memiliki hidup yang berkualitas.

Itulah keempat faktor yang dapat memengaruhi kualitas hidupmu. Tentu sudah sepatutnya melakukan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat untuk hidup kita. Oleh karena itu, kita perlu lebih memerhatikan segala tindakan dan ucapan yang dilakukan agar tidak membuatmu kehilangan arah tujuan hidup.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak