facebook

4 Cara Menghilangkan Bibir Hitam agar Kembali Cerah, Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri

Keza Felice
4 Cara Menghilangkan Bibir Hitam agar Kembali Cerah, Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri
Ilustrasi penggunaan Lip Balm pada bibir (Unsplash)

Bibir hitam sering menjadi permasalahan yang dialami oleh kebanyakan orang, terutama wanita. Kondisi warna bibir yang hitam kerap kali membuat seseorang merasa tak percaya diri.

Setiap orang tentunya ingin mempunyai bibir yang sehat dan merona, bukan? Sayangnya, perubahan pada bibir, seperti bibir menjadi hitam justru sulit dihindarkan karena banyak faktor yang dapat memicunya. Di antaranya seperti faktor keturunan atau genetik, perubahan hormon, iritasi, kehamilan, atau alergi terhadap kosmetik di bibir, kebiasaan merokok, atau paparan sinar matahari.

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang mempunyai bibir hitam, jangan insecure dulu! Karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atau menghilangkan bibir hitam sebagaimana dirangkum dari Alodokter dan Sehatq berikut ini.

1. Menghindari Menjilat atau Mengigit Bibir

Mungkin Anda tidak menyadari hal ini, tetapi terlalu sering menjilat ataupun menggigit bibir dapat menyebabkan bibir menjadi kering, iritasi, dan pecah-pecah sehingga dapat membuat warnanya menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, cobalah hentikan kebiasaan tersebut bila Anda tidak ingin mempunyai bibir berwatna hitam.

2. Mengurangi Minuman Berkafein

Apabila Anda senang mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh dan kopi, mulai sekarang cobalah untuk membatasi konsumsinya. Sebab terlau banyak mengonsumsi minuman berkafein akan membuat warna bibir menggelap dan kepercayaan diri pun bisa turut menurun.

Sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih. Dengan begitu, kelembapan bibir akan tetap terjaga sehingga permasalahan bibir menghitam dan bibir kering bisa diminimalkan.

3. Eksofoliasi Bibir 

Untuk mengatasi bibir hitam menjadi cerah Anda bisa melakukan eksofoliasi bibir. Lakukanlah secara rutin sebelum tidur malam. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan lip balm sesaat sebelum tidur.

Kemudian, saat pagi hari Anda hanya perlu menggunakan waslap yang sudah dibahasi dengan air atau justru sikat gigi untuk mengangkat sel-sel kulit mati atau kering pada permukaan bibir. Eksofoliasi seperti ini baik untuk merangsang produksi kolagen serta meningkatkan sirkulasi darah pada area bibir sehingga warna bibir akan kembali seperti semula.

4. Memijat Bibir

Memijat bibir ternyata dapat menjadi salah satu pilihan solusi yang tepat untuk menghilangkan bibir hitam. Dengan memijat bibir, aliran darah pada bibir akan meningkat. Hal tersebut akan membuat warna bibir Anda menjadi lebih cerah serta merona. Apabila ingin hasilnya lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan minyak almond atau es batu ketika memijat bibir.

Beberapa cara tersebut dapat membantu menghilangkan bibir hitam dan mendapatkan warna bibir yang lebih cerah. Dengan begitu, Anda tidak ragu lagi untuk tampil percaya diri. Akan tetapi, bila Anda tak kunjung mendapatkannya setelah melakukan berbagai cara tersebut, ada baiknya jika Anda berkonsultasi ke dokter, terlebih bila keluhan tersebut disertai dengan rasa gatal, nyeri, dan merah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak