facebook

5 Hal yang Perlu Kamu Kurangi agar Hidup Lebih Bahagia, Catat Baik-baik!

oce blue
5 Hal yang Perlu Kamu Kurangi agar Hidup Lebih Bahagia, Catat Baik-baik!
Ilustrasi kebahagiaan (Pixabay)

Terbelenggu kesedihan dengan waktu yang lama itu sangat menyiksa. Ketika semua orang menginginkan kebahagiaan, harus diimbangi dengan hal-hal yang menimbulkan rasa bahagia juga. Setiap orang tidak dilarang untuk bersedih. Namun, jangan sampai hal itu membuat kamu lupa dengan indahnya kebahagiaan. Ada beberapa hal yang bisa kamu kurangi supaya hidup lebih bahagia.

1. Keinginan Selalu Terlihat Sempurna

Setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tidak ada yang benar-benar sempurna. Jangan menuntut dirimu sendiri untuk selalu benar dan tidak pernah salah. Ketika kamu berbuat salah itu hal wajar. Namun, jangan diulangi lagi. Kita semua manusia yang kodratnya salah dan lupa. 

2. Mengkritik Diri Sendiri Berlebihan

Kamu harus bisa menerima dirimu apa adanya. Jadilah dirimu sendiri. Kekurangan yang kamu miliki, perbaikilah itu. Sedangkan kelebihan yang kamu miliki biarlah seperti itu. Menjadi diri sendiri adalah hal yang membahagiakan. Pastinya, banyak kelebihan yang kamu miliki daripada kekurangan. Kamu hebat apa adanya.

3. Ingin Menjadi Segalanya Untuk Semua Orang

Jangan terlalu baik kepada orang-orang di sekitarmu. Memang, berbuat baik itu tidak rugi. Namun, kamu harus tahu batasannya. Bantulah seperlunya. Dengan menuntut dirimu untuk selalu baik di depan semua orang, kamu akan lupa bagaimana cara membahagiakan diri sendiri. Kamu berhak bahagia dengan caramu sendiri.

4. Menghabiskan Waktu di Lingkungan Toxic

Lingkungan yang kurang sehat membuat kita menjadi kurang bahagia. Mereka bisa menyebarkan racun dan berpengaruh terhadap dirimu sendiri. Sehebat apapun kamu, ketika berada di sekitar orang-orang yang kurang baik, akan selalu dijatuhkan. Jika kamu memiliki teman yang tidak membuatmu bahagia, cobalah untuk tinggalkan mereka. Bukan berarti memutuskan tali silaturahmi, tapi menjaga jarak supaya jasmani dan rohani kita tetap sehat. 

5. Memaknai Bahagia Harus dari Hal Besar

Bahagia tidak harus diwarnai dengan harta benda yang melimpah ruah 'kan? Tubuh yang sehat dan jiwa yang damai sudah menjadi hal yang bisa membuat bahagia. Ketika kamu berfikir bahagia harus kaya raya, kamu salah. Dengan uang, memang bisa membuat kita bahagia, tapi ada yang lebih utama. Yaitu kesehatan dan ketentraman jiwa. 

Demikianlah 5 hal yang bisa kamu coba untuk membuat hidupmu lebih bahagia. Tidak ada yang abadi dunia ini. Sama halnya dengan kesenangan dan kesedihan. Wajar apabila kehidupan selalu diwarnai dengan keduanya. Karena keduanya membuat hidup jauh lebih berwarna.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak