facebook

3 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Tidak Dihargai

Calvin Vadero
3 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Tidak Dihargai
Pasangan ketika berantem (Foto: Unsplash.com/calvin)

Sulit untuk merasa seolah-olah kita diterima begitu saja. Bagaimanapun, membantu teman dan membuat makan malam spesial untuk orang yang kamu cintai membutuhkan banyak waktu dan energi dan ketika orang tampaknya tidak memperhatikan, kamu mungkin merasa seolah-olah  tidak dihargai.

Jika kamu tidak hati-hati, perasaan tidak dihargai dapat menimbulkan perasaan dendam dan marah. Untungnya, strategi-strategi ini dapat membantu Anda merasa lebih baik dan bahkan dapat mencegah hubungan menjadi ternoda ketika Anda merasa tidak dihargai.

1. Carilah Penghargaan Melalui Tindakan

Hanya karena seseorang tidak mengatakan "terima kasih" tidak berarti mereka tidak menghargai Anda. Tidak semua orang menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka.

Pasangan kamu menarik kamu ke dalam pelukan atau seorang remaja memberi kamu tos besar mungkin merupakan cara mereka untuk mengucapkan terima kasih. Demikian pula, ketika rekan kerja kamu mengundang kamu makan siang atau teman kamu bersikeras untuk membayar kopi kamu, mereka mungkin juga menyampaikan penghargaannya kepada kamu.

Jadi, luangkan waktu sejenak dan pertimbangkan apakah orang-orang di sekitar kamu mungkin menunjukkan penghargaan mereka kepada Anda dengan cara yang berbeda. kamu mungkin menemukan bahwa mereka mungkin lebih berterima kasih kepada Anda daripada kamu memberi mereka penghargaan.

2. Katakan "Tidak" Lebih Sering

Disadur dari verywellmind.com, terkadang, semakin banyak yang kamu lakukan untuk orang lain tanpa mengeluh, semakin mereka mengharapkan kamu melakukannya dan mereka mungkin lupa untuk menghargai semua yang kamu lakukan untuk mereka.

Jadi mungkin berguna untuk mengatakan "tidak" kadang-kadang. Ini dapat mengingatkan orang untuk tidak menerima begitu saja bahwa Anda akan selalu bersedia dan siap untuk ikut serta.

Mengatakan "tidak" terkadang juga baik untuk kamu jika kamu telah menjadi orang yang sedikit menyenangkan. Menolak undangan sosial atau permintaan bantuan mungkin sulit jika kamu terbiasa selalu mengatakan "ya". Tetapi hal itu akan mengingatkan kamu (dan orang lain) bahwa kamu tidak perlu melakukan apa pun yang tidak ingin kamu lakukan.

3.  Tunjukkan Kebaikan

Disadur dari theferventmama.com, menunjukkan kebaikan dapat meningkatkan kebahagiaan kamu sendiri. Jadi pertimbangkan apakah membantu orang lain membuat kamu merasa nyaman dengan diri sendiri, bahkan jika orang lain tampaknya tidak menghargai kamu sebanyak yang kamu inginkan.

Kamu mungkin memiliki kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru atau mempertajam keterampilan yang sudah ada seperti kesabaran. Kamu juga mungkin mendapatkan kesempatan untuk berolahraga atau waktu untuk berada di dalam mobil sendiri.

Lihatlah semua hal yang kamu peroleh dari melakukan sesuatu untuk orang lain dan kamu mungkin akan terkejut melihat bahwa ada banyak hal yang perlu disyukuri.

Demikian beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika kamu merasa kurang dihargai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak