facebook

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengalami Kegagalan, Jangan Menyerah!

oce blue
5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengalami Kegagalan, Jangan Menyerah!
Ilustrasi seseorang terjatuh (Pixabay)

Dalam kehidupan, manusia kerap dihadapkan oleh dua keadaan, yakni keberhasilan dan kegagalan. Ada banyak orang yang mencapai kebarhasilan setelah melewati berkali-kali kegagalan. Tidak bisa dimungkiri bahwa kegagalan memang terasa sangat pahit hingga membuat kita ingin menyerah.

Perasaan kecewa, marah, sedih, bahkan ingin menyerah adalah hal wajar dirasakan. Namun, jangan berpikir bahwa kegagalan adalah hal yang bisa mengendalikan hidupmu. Ketika kita masih bisa berjuang, lanjutkan perjuangan itu setelah kegagalan yang menimpamu jutaan kali sekali pun. Oleh karena itu, ingatlah 5 hal ini saat kamu mengalami kegagalan.

1. Omongan buruk orang lain bukanlah masalah

Di saat posisimu sedang di bawah, mungkin banyak orang yang menatap dengan sinis. Mereka melontarkan kata-kata buruk yang bisa meracuni dirimu sendiri. Jika kamu berada di posisi ini, ingat bahwa mereka bukanlah penentu kesuksesanmu. Jangan dipikirkan omongan-omongan buruk mereka. Lebihi ekspetasi mereka bahwa kamu akan bangkit dan berhasil, karena kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan proses menuju keberhasilan.

2. Rasa sakit yang membuatmu berkembang

Sedih, kecewa, marah, dan depresi adalah perasaan yang wajar dialami ketika kamu sedang tidak baik-baik saja, termasuk saat mengalami kegagalan. Jangan jadikan rasa sakit itu membuatmu tetap terpuruk. Dengan semua rasa menyakitkan itu, kamu akan tumbuh jauh lebih hebat dan lebih kuat. Percayalah bahwa kesedihanmu akan tergantikan dengan rasa bahagia yang tidak disangka-sangka. 

3. percaya pada proses

Apabila saat ini kamu sedang mengalami masa-masa yang sulit, jangan menyerah! Proses panjag yang telah kamu lalui tidak akan mengkhianatimu. Satu hal yang harus kamu ingat saat mengalami kegagalan bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik. Perjalanan masih panjang, jangan pernah menyerah dan teruslah berjuang! Percayalah, semuanya akan baik-baik saja. Kamu akan menggapai apa yang kamu inginkan. 

4. Jatuhmu tidak selamanya

Kamu tahu bahwa segala di dunia tidak ada yang bertahan selamanya. Begitu juga dengan kegagalan yang sedang kamu alami. Hidup ini adil, kesedihan dan kesenangan akan silih berganti mewarnai kehidupan. Jika sekarang kamu gagal, kamu akan berhasil besok. Jangan ragu untuk terus bertahan dan melangkah maju. Jangan hentikan mimpimu hanya karena kegagalan yang tidak akan bertahan lama.

5. Tidak ada kata terlambat untuk meraih mimpi

Ketika kita melihat orang-orang di sekeliling kita sudah menikmati hasil dari perjuangan mereka, hal yang kita lakukan bukanlah membanding-bandingkan. Kita semua mempunyai jalan sendiri-sendiri untuk mencapai garis akhir. Jangan merasa bahwa dirimu paling menderita. Kita semua berjuang dengan proses yang berbeda-beda.

Ayo bangkit dan terus maju meski hanya langkah kecil. Jika mimpimu belum bisa diraih sekarang, bukan berarti tidak ada hari esok. Bisa juga digantikan dengan mimpi lain yang jauh lebih baik untuk dirimu sendiri. Kebahagiaan menunggumu!

Segala proses yang telah dilakukan juga harus selalu diimbangi dengan doa. Kita tidak bisa benar-benar berhasil jika tidak melibatkan Sang Pencipta. Jangan putus asa untuk selalu berjuang sampai dirimu bangga bahwa perjuanganmu selama ini tidak  sia-sia. 

Itulah lima hal yang wajib kamu ingat saat mengalami kegagalan. Ingatlah bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Jangan pernah menyerah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak