facebook

Perbedaan Antara Kepribadian Introvert dan Pemalu, Serupa Tapi Tak Sama!

oce blue
Perbedaan Antara Kepribadian Introvert dan Pemalu, Serupa Tapi Tak Sama!
Ilustrasi seorang wanita introvert (Pixabay)

Mungkin masih banyak orang yang mengira bahwa orang berkepribadian introvert dan pemalu adalah sama. Meski mereka terlihat sama-sama pendiam dan tidak banyak bertingkah, mereka jauh berbeda. Mungkin bisa dikatakan kalau kepribadian introvert dan pemalu serupa, tapi tak sama. Nah, di bawah ini akan disajikan beberapa perbedaan antara kepribadian introvert dan pemalu.

Ciri-ciri kepribadian Introvert:

1. Mereka yang memiliki kepribadian introvert tidak masalah jika harus berpidato di hadapan banyak orang.

2. Seseorang dengan kepribadian introvert cenderung tidak suka percakapan yang bertele-tele dan basa-basi, tapi mereka sangat menikmati percakapan yang mendalam/berarti.

3. Tipe orang dengan kepribadian introvert sering merasa lelah batin setiap kali berinteraksi dengan orang lain dan terlalu lama, terlebih banyak orang. Hal ini dikarenakan ketika mereka berkumpul dengan banyak orang yang tidak dekat, energi serasa terkuras banyak.

4. Orang dengan kepribadian introvert juga lebih suka menyendiri, karena hal itu bisa menjadi caranya untuk re-charge energi dalam hidup mereka. Mereka juga lebih nyaman dengan kesendirian.

5. Poin kelima ini sering disalahpahami oleh banyak orang mengenai kepribadian introvert, yakni masalah bersosialisasi. Mereka bukannya tidak ingin bersosialisasi, tapi mereka tidak pandai berbaur dengan lingkungan yang baru. Sikap ini berhubungan dengan kepribadian mereka yang tidak suka bertele-tele dan basa-basi.

Ciri-ciri Kepribadian Pemalu:

1. Berbeda dengan introvert, orang dengan kepribadian pemalu cenderung sulit mengekspresikan dirinya sehingga perlu media lain untuk menyalurkan. Oleh karena itu, mereka lebih aktif berbicara di media sosial daripada berhadapan langsung dengan orang lain di kehidupan nyata.

2. Sementara untuk urusan berpidato, tipe orang dengan kepribadian pemalu dan introvert pun berbeda. Ketika disuruh untuk berpidato, kebanyakan dari mereka (kepribadian pemalu) langsung keringat dingin dan jantung berdegup kencang.

3. Orang yang cenderung pemalu mungkin banyak terdiam ketika berkumpul dengan orang baru. Mereka merasa canggung ketika berinteraksi dengan orang lain.

4. Seseorang dengan kepribadian pemalu dalam kenyataannya mungkin tidak suka sendiri, tapi mereka terlalu malu untuk mulai bersosialisasi.

5. Poin terakhir yang membedakan kepribadian introvert dan pemalu ada pada cara mengenal orang lain. Mereka dengan kepribadian pemalu cenderung akan banyak terdiam jika belum terlalu mengenal orang lain. Namun, ketika mereka sudah nyaman dengan orang yang dianggapnya memberi rasa nyaman, mereka akan banyak berbicara dan lebih bisa mengekspresikan dirinya. 

Itulah tadi lima perbedaan seseorang dengan kepribadian introvert dan pemalu. Bagaimana, serupa tapi tak sama, bukan? Jika kamu adalah orang yang introvert sekaligus pemalu, pasti banyak hal sulit yang sudah kamu lalui. Jangan khawatir, lama-kelamaan kamu pasti akan terbiasa dengan orang baru dan sedikit demi sedikit bisa berbaur dengan mereka. Manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan. Jangan patah semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak