facebook

Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Agar Halus dan Mulus!

Dream Praire
Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Agar Halus dan Mulus!
ilustrasi kulit halus (Pixabay.com/BeautyImageshots/dreampraire)

Kamu mungkin sering merasa terganggu dan kurang percaya diri akibat tampilan pori-pori wajah yang besar karena kulit wajah menjadi terlihat tidak mulus.  Banyak faktor yang menyebabkan pori-pori besar, seperti adanya penurunan elastisitas kulit yang membuat kulit menjadi kurang kenyal, terjadinya produksi minyak berlebih pada kulit wajah, kerusakan akibat terpapar sinar matahari dan kesalahan penggunaan produk perawatan kulit.

Walaupun ukuran pori-pori tidak dapat diubah, tetapi ada beberapa cara untuk meminimalisir agar pori-pori kulit wajah tampak lebih kecil dan wajah terlihat halus.  Berikut cara yang disarankan seperti yang dirangkum dari healtline.com dan medicalnewstoday.com :

1.      Bersihkan wajah secara rutin

ilustrasi membersihkan wajah (Pexels.com)/Ron Lach
ilustrasi membersihkan wajah (Pexels.com)/Ron Lach

Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu termasuk kulit berminyak, gunakan produk pembersih berbahan dasar gel. Sedangkan untuk kulit kering kamu dapat memilih pembersih jenis krim.

Untuk semua jenis produk, hindari yang mengandung bahan sabun ataupun bahan scrub yang keras.

Lakukan proses pembersihan dengan cara yang benar sesuai petunjuk pemakaian produk. Ingatlah untuk tidak menggosok tetapi menepuk pada saat mengeringkan wajah setelah dibilas air.

2.      Lakukan eksfoliasi 

ilustrasi eksfoliasi wajah (Pexels.com) Anna
ilustrasi eksfoliasi wajah (Pexels.com/Anna

Eksfoliasi atau pengelupasan direkomendasikan hanya 1 sampai 2 kali setiap minggu. Walaupun proses eksfoliasi sangat berguna untuk membuang kotoran dan sel-sel kulit mati, namun jangan dilakukan secara berlebihan karena justru dapat berkibat buruk pada kulit. 

Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat, disarankan untuk melewatkan dulu proses eksfoliasi agar tidak terjadi iritasi.

Perhatikan untuk memilih produk yang tidak memicu alergi. Baca baik-baik komposisi yang terkandung di dalamnya

3. Gunakan pelembab

ilustrasi pelembah wajah (Pexels.com)/ Mikhail
ilustrasi pelembah wajah (Pexels.com/Mikhail)

Jangan melewatkan penggunaan pelembab wajah. Termasuk juga untuk kulit berminyak. Jenis kulit berminyak sebaiknya memakai produk pelembab berbahan dasar air yang bersifat ringan.

4.  Pakailah tabir surya

ilustrasi sunscreen (Pexels.com)/Nadine
ilustrasi sunscreen (Pexels.com)/Nadine

Penggunaan tabir surya dapat mengurangi risiko kekeringan pada kulit yang bisa membuat pori-pori terlihat besar. Pergunakan produk tabir surya dengan nilai SPF minimal 30. Oleskan minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar

5. Gunakan masker tanah liat

ilustrasi masker tanah liat (Pexels.com) Monstera
ilustrasi masker tanah liat (Pexels.com) Monstera

Masker tanah liat dipercaya mampu membantu menghilangkan minyak, kotoran dan sel kulit mati sampai ke dalam pori-pori kulit. Ini akan membuat penampilan pori-pori terlihat  lebih kecil.

Lakukan satu sampai dua kali seminggu, namun tidak bersamaan dengan proses eksfoliasi untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

6     Jangan tidur tanpa membersihkan riasan

ilustrasi tidur (Pexels.com/ Ketut.S
ilustrasi tidur (Pexels.com/ Ketut.S

Kosmetik yang tidak dibersihkan dari wajah akan bercampur dengan kotoran, minyak serta bakteri semalaman yang dapat menyumbat pori-pori. Hal ini akan membuat pori-pori tampak membesar ketika bangun esok hari.

7.   Penuhi kebutuhan cairan

ilustrasi minum (Pexels.com)/ Karolina Grawboska
ilustrasi minum (Pexels.com)/ Karolina Grawboska

Air putih membantu melembabkan kulit dan mengeluarkan racun dari pori-pori. Disarankan untuk minum setidaknya delapan gelas air atau cairan lain. Jika kamu bosan dengan air putih, kamu bisa mencoba menambahkan lemon, mentimun ataupun beri.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk memperkecil penampilan pori-pori kulit wajahmu. Mungkin dibutuhkan waktu sebelum melihat hasilnya. Tetapi jika tidak membuahkan hasil, kamu bisa berkonsultasi pada ahli kulit untuk mendapatkan analisa lebih dalam dan saran perawatan yang sesuai apabila diperlukan.

Terpenting dari semua hal itu adalah tetaplah berpikir positif dan merawat apapun jenis kulitmu dengan produk yang aman dan dengan cara yang benar serta jangan lupa untuk menjadikan senyum tulus sebagai hiasan terbaik bagi wajahmu. 

Sudahkan kamu tersenyum hari ini? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak