facebook

4 Jenis Saldo E-Wallet Masa Kini yang Perlu Kamu Tahu, Memiliki Salah Satunya?

Shafira Candra Dewi
4 Jenis Saldo E-Wallet Masa Kini yang Perlu Kamu Tahu, Memiliki Salah Satunya?
Ilustrasi Transaksi dengan Saldo e-wallet (Pexels.com/AneteLusina)

Pasti tidak asing lagi bagi kalian kaum milenial dengan istilah saldo e-wallet atau kita kenal dengan saldo e-money (uang elektronik). Saldo e-money ini terdapat pada sejumlah aplikasi dan tentu saja memiliki beberapa jenis. Umumnya, banyak orang yang memiliki salah satu atau bahkan semua ketiga jenis saldo e-wallet ini. Berikut penjelasannya.

1. Gopay

Siapa yang tidak tahu gopay? Gopay merupakan uang elektronik yang terdapat pada aplikasi Gojek. Buat kamu yang belum tahu kegunaan gopay, tidak ada salahnya terlebih dahulu mengunduh aplikasi Gojek di playstore atau appstore di gadget-mu. Ada banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan gopay. Misalnya saja ketika kamu menggunakan gopay di aplikasi Gojek, kamu mendapatkan potongan harga lebih banyak dibandingkan kamu membayar secara tunai.

Gopay bisa digunakan untuk berbagai macam fitur yang ada di Gojek seperti Goride, Gocar, Gofood, Gosend, dan lain masih banyak lagi. Ketika sudah menggunakan gopay, kamu tidak perlu repot-repot lagi membayar dengan uang pas karena secara otomatis saldo gopay-mu terpotong setelah melakukan transaksi. Untuk melakukan top up atau isi ulang saldo gopay juga sangat mudah.

Ada banyak cara isi ualng saldo gopay salah satunya adalah melalui ATM. Ada banyak sekali pilihan ATM yang bisa kamu gunakan untuk isi ulang saldo gopay. Tidak hanya top up, kamu juga bisa men-transfer saldo gopay-mu ke teman-temanmu.

2. Saldo LinkAja

Aplikasi kedua yang mempunyai fitur saldo e-money dalam bertransaksi ialah LinkAja. Saldo LinkAja bisa kalian manfaatkan untuk bertransaksi di LinkAja, seperti membeli pulsa, membeli paket data, membayar tagihan listrik dan masih banyak lagi. Sama halnya seperti gopay, top up saldo LinkAja bisa kamu lakukan melalui ATM atau metode pembayaran lain.

3. Saldo Dana

Aplikasi berikutnya yaitu aplikasi Dana yang juga menyediakan fitur saldo e-money yaitu berupa saldo Dana. Seperti halnya saldo LinkAja, saldo Dana bisa digunakan juga untuk membayar tagihan bulanan seperti tagihan air, listrik dan lain-lain. Membayar BPJS melalui aplikasi ini juga bisa.

Tidak hanya itu, kelebihan dana yaitu dapat digunakan untuk transaksi baik online maupun offline. Selain itu, aplikasi dana juga dapat digunakan untuk investasi. Top up saldo dana dapat dilakukan via transfer bank.

4. ShopeePay

Siapa saja yang memiliki hobi belanja pasti tahu aplikasi Shopee. Ya, aplikasi ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena sering lewat di iklan televisi, juga sering mengadakan konser dengan promo besar-besaran. Dalam aplikasi ini juga ada fitur saldo e-money bernama ShopeePay.

Untuk kalian yang menginginkan diskon ongkir bahkan gratis ongkir bisa menggunakan saldo ShopeePay ini. Menggunakan saldo ShopeePay memang banyak keuntungannya untuk berbelanja di aplikasi Shopee. Untuk top up saldo ShopeePay bisa menggunakan kartu debit atau kredit atau m-banking.

Nah, itu tadi tiga saldo e-wallet atau e-money yang terdapat pada beberapa aplikasi yang dapat memudahkanmu untuk melakukan transaksi karena bersifat praktis. Tentunya, masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang memiliki fitur saldo e-money. Menggunakan saldo e-money sudah terbukti lebih hemat dan banyak promo dibandingkan membayar secara tunai, maka manfaatkan fitur tersebut untuk menghemat pengeluaranmu, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak