facebook

Menutup Diri, Membuatmu Stres!

Shafira Candra Dewi
Menutup Diri, Membuatmu Stres!
Ilustrasi orang stess.(Pexels.com//Kelly Lacy)

Keadaan tidak stabil entah itu sedih atau insecure memang wajar dialami oleh setiap orang, tidak terkecuali orang yang terlalu menutup diri. Dia sudah terbiasa memendam apa yang dia rasakan dan memikulnya sendiri. Sehingga terlihat sangat berat dan membuatnya semakin terpuruk dan stress. 

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan bercerita. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan menceritakan apa yang sedang kamu alami kepada orang lain dapat sedikit meringankan beban yang sedang kamu pikul. Memang tidak semua permasalahan bisa langsung diselesaikan dengan bercerita, semua butuh proses. Barangkali temanmu mempunyai ide untukmu memecahkan permasalahanmu dimulai dari tindakan yang kecil terlebih dahulu. 

Sikap terlalu menutup diri sangat tidak dianjurkan karena akan merusak kondisi mental. Dengan menutup diri, seseorang merasa kehidupannya tidak harus diketahui oleh orang lain. Bisa saja karena trauma pernah dikecewakan. Akan tetapi setiap orang pasti memiliki sifat yang tidak sama. Ada yang dapat dipercaya dan ada juga yang mudah berkhianat. Biasakan mencoba mempercayai orang lain dengan tidak membandingkannya dengan orang yang pernah mengecewakanmu sebelumnya. 

Sifat menutup diri juga bisa berasal dari keluarga yang terlalu over protective. Perlu diketahui sifat tersebut menandakan bahwa orang tuamu sangat menyayangimu. Jadi jangan disalahartikan dengan mengekangmu. Mungkin kamu yang terlalu suka kebebasan. Oleh sebab itu, beruntunglah bagi kalian yang masih diperhatikan oleh orang tua. Tidak semua orang bisa mendapat kasih sayang seperti itu. 

Untukmu yang sedang insecure, tidak ada salahnya juga bercerita kepada siapapun orang yang paling kamu percaya. Perbanyak bersyukur juga menjadi kunci kebahagiaanmu. Semua orang itu istimewa dengan apa yang mereka miliki. Tidak terkecuali kamu. Jadi menenangkan diri dengan bercerita kepada orang yang tepat merupakan salah satu cara jitu untuk mengatasi rasa insecure-mu. 

Sekian penjelasan bahwa bercerita adalah salah satu jalan yang dapat ditempuh apabila kamu menemui masa-masa sulit dalam hidupmu. Jika kamu tidak mempunyai satu pun orang yang dapat kamu percaya, kamu bisa menceritakannya pada Tuhan saat beribadah. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak