facebook

4 Manfaat Memulai Hari dengan Sarapan Pagi, Bisa Menormalkan Mood!

Shafira Candra Dewi
4 Manfaat Memulai Hari dengan Sarapan Pagi, Bisa Menormalkan Mood!
Ilustrasi sarapan pagi. (Pexels.com//RODNAEProductions)

Sarapan di pagi hari merupakan kebiasaan yang tidak semua orang miliki. Adakalanya seseorang yang dituntut kerja dari pagi-pagi sekali melewatkan jam sarapan. Bangun kesiangan juga menjadi penyebab seseorang melewatkannya. Padahal, manfaat dari sarapan di pagi hari banyak sekali, terutama untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Lebih bersemangat menjalani hari

Seseorang yang sarapan di pagi hari cenderung bersemangat dalam menjalani hari karena sudah mendapatkan cukup energi. Jadi, sarapan diibaratkan seperti bensin pada kendaraan bermotor, kalau tidak diisi akan mengakibatkan mogok di jalan, sama seperti melewatkan sarapan.

2. Menjadi mudah fokus terhadap aktivitas sekolah atau bekerja

Saat perut merasa kenyang, pikiran akan lebih fokus terhadap segala aktivitas. Utamanya bagi anak yang sibuk dengan aktivitas bersekolah dan juga bagi para pekerja. Berbeda dengan orang yang merasa lapar, ia cenderung tidak akan fokus pada aktivitas belajar maupun bekerja.

3. Menormalkan mood

Kondisi perut juga bisa saja memengaruhi mood seseorang, lho. Apalagi, bagi seseorang yang melewatkan sarapan pagi, pasti sangat rentan uring-uringan karena perutnya yang kosong. Benar saja, jika perut kenyang maka mood juga akan normal. Namun, juga jangan terlalu berlebihan hingga sangat kenyang karena bisa menyebabkan begah yang juga dapat mengganggu aktivitasmu.

4. Menghidari penyakit maag

Bagi kamu yang memiliki riwayat sakit maag, jangan coba-coba melewatkan sarapan pagi, ya. Sebab, telat makan bisa menyebabkan asam lambung naik dan nantinya akan mengakibatkan maag kambuh. Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu, sehingga untuk mencegahnya kamu harus makan teratur dan tepat waktu. Jangan sampai pada kondisi bekerja atau beraktivitas lainnya terganggu oleh penyakit ini.

Penyakit maag terbilang sedikit lama penyembuhannya hingga semingguan, maka jika tidak ingin maag-mu kambuh, mulailah kebiasaan sarapan di pagi hari. 

Nah itu tadi empat manfaat sarapan pagi yang perlu kamu ketahui. Buat kamu yang masih belum memiliki kebiasaan sarapan di pagi hari hendaknya segera memulainya. Tidak apa-apa makan sedikit asalkan perut terisi. Usahakan makan dibawah jam 9 pagi, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak