facebook

Tips Menjaga Hubungan dengan Orang Lain, Ini Kuncinya!

Shafira Candra Dewi
Tips Menjaga Hubungan dengan Orang Lain, Ini Kuncinya!
Ilustrasi kebersamaan.[Pexels.com//Fauxels]

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupannya. Seseorang membutuhkan penjual barang untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Seseorang membutuhkan pedagang sayuran untuk memasak. Seseorang membutuhkan penjahit untuk membuat baju, dan masih banyak hal lainnya. Tentunya tidak terlepas dari campur tangan orang lain. Berikut tips-tips menjaga hubungan baik dengan orang lain:

1. Saling menyapa saat bertemu

Menyapa merupakan salah satu hal penting bagi siapa saja yang menjalin hubungan dengan orang lain. Karena menyapa bisa untuk menunjukkan pada orang lain bahwa kamu orang yang ramah dan tidak sombong. Kita pasti menjumpai banyak orang diluar. Ketika kita baru beranjak keluar rumah, kita tentu bertemu dengan tetangga-tetangga di sekeliling rumah kita. Hendaknya kita menyapa tetangga kita sebagai bentuk menjalin hubungan yang baik. 

2. Tidak egois

Sifat egois dapat membuat hubungan seseorang dengan orang lain menjadi renggang. Apalagi bila sama-sama tidak saling mengerti dan memahami. Jadi sebagai pihak yang ingin tetap berhubungan baik dengan orang lain, kamu tidak boleh egois. Dengan mementingkan diri sendiri, orang akan menilaimu sebagai orang yang serakah dan datang hanya ketika butuh saja. Jadi, tolong-menolong itu lebih penting ya!

3. Saling berbagi makanan

Menjalin hubungan yang lebih erat dengan orang lain bisa juga melalui saling berbagi makanan. Misalnya kamu memasak sesuatu yang enak dan tetangga samping rumahmu mencium aroma masakanmu. Maka hendaknya kamu membagi-bagi makananmu dengannya juga. Jangan merasa rugi dengan memberi, karena dengan memberi kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih.

4. Saling mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik memang sulit bagi sebagian orang yang hanya ingin didengarkan saja dan hobi bercerita. Kamu harus tahu, bahwa saling mendengarkan itu baik untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Dalam sebuah interaksi juga kamu tidak diperkenankan memotong pembicaraan orang lain yang belum selesai berbicara. Kamu harus bersabar untuk menceritakan apa yang ingin kamu sampaikan setelah lawan bicara mu berhenti menyelesaikan kata-katanya.

Sekian tips-tips menjalin hubungan dengan orang lain yang mungkin akan membantumu dalam beradaptasi, entah di lingkungan rumah, sekolah. Selain itu di tempat kerja sekalipun kamu harus memiliki attitude yang baik, agar orang-orang akan menilaimu sebagai pribadi yang baik. Dengan begitu kamu akan dihargai dan dihormati. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak