facebook

Panduan Penting untuk Meraih Tujuan Hidup, Cobalah!

Dream Praire
Panduan Penting untuk Meraih Tujuan Hidup, Cobalah!
ilustrasi perjalanan hidup (Pixabay.com/Tantetati)

Dalam semua hal ada aturan- aturan yang menjadi panduan. Termasuk juga dalam kehidupan . Ada  hukum tak tertulis yang berlaku sama dalam proses belajar dan bertumbuh. Kamu harus  belajar, memperhatikan mempelajari dan mengambil tindakan tertentu agar semua aturan itu menjadi pendukung tujuanmu dan bukan berbalik melawan usahamu.

Kamu perlu memberi perhatian, mencatat , mendengarkan dan bertindak dengan tepat.

Menurut Fearless Motivation berikut 4 aturan yang perlu kamu terapkan agar kamu dapat bertindak lebih terarah dalam mencapai tujuan dan impianmu :

1. Lebih sedikit berbicara

ilustrasi mengurangi bicara (Pexels.com)/ Sound On
ilustrasi mengurangi bicara (Pexels.com)/ Sound On

Kamu tidak perlu mengatakan kepada semua orang tentang hal-hal yang akan kamu lakukan. Berbicaralah seperlunya. Biarlah tindakanmu yang mewakili kata-katamu. Buktikan saja dengan pencapaian-pencapaianmu.

Orang lebih menghargai saat melihat hasil kerja kerasmu ketimbang mendengarkan semua rencana-rencanamu. Bahkan kata-kata tanpa pembuktian bisa membuat orang dicap sebagai pembual.

Orang-orang dengan pencapaian luar biasa kebanyakan bertindak lebih banyak daripada berbicara. Mereka tahu bahwa kata-kata yang berlebihan tanpa dibarengi dengan aksi nyata hanya  akan terdengar konyol.

Berbicara berlebihan tanpa bukti bukanlah hal luar biasa, tetapi suatu bentuk ketidakpedulian dan kesombongan.

2. Lebih banyak mendengarkan 

ilustrasi mendengarkan (Pexels.com)/ Kevin Malik
ilustrasi mendengarkan (Pexels.com)/ Kevin Malik

Kamu tak bisa belajar dengan benar tanpa mau mendengarkan. Kamu tak dapat berkembang tanpa mau belajar. Belajarlah untuk lebih banyak mendengarkan.  Jadilah haus akan pengetahuan dan kembangkan rasa ingin tahumu dengan lebih banyak belajar.

Dengarkan hal-hal yang terjadi dan pelajari dengan seksama hal-hal yang bersifat positif.

Kamu bisa belajar dari siapa saja. Kegagalan dan keberhasilan orang lain dapat kamu jadikan inspirasi dalam bertindak.

3. Jangan bereaksi berlebihan

ilustrasi tetap tenang (Pixabay.com)/ Alinoch
ilustrasi tetap tenang (Pixabay.com)/ Alinoch

Semakin sedikit kamu bereaksi, kamu akan memberi respons dengan  lebih baik. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dan membiarkan emosi menguasai dirimu. Disiplinkan dirimu untuk bisa mengendalikan emosi dalam menghadapi siapapun dan situasi yang bagaimanapun.

Perlu kamu tahu bahwa kemampuan mengontrol emosi dan tetap tenang adalah salah satu pelajaran penting dalam hidup. Jika situasi sangat sulit, cobalah tetap tenang. Bahkan ketika mencapai keberhasilan, sebaiknya kamu tetap juga tenang.  Sekali lagi jangan over reaktif terhadap apapun.

Berlatihlah memandang sesuatu dengan objektif dan tenang agar kamu bisa merespon lebih efektif dan mengambil keputusan dengan lebik baik .

4. Lebih banyak mengamati

ilustrasi belajar (Pixabay.com) Geralt
ilustrasi belajar (Pixabay.com) Geralt

Pengamatan yang lebih dekat dan teliti akan membuatmu mengerti dengan lebih baik.

Observasi hal-hal yang kamu inginkan. Cari tahu bagaimana orang-orang yang kamu kagumi mencapai tujuannya. Pelajari suatu metode atau prinsip yang ingin kamu kuasai. Kembangkan kemampuan dan kebiasaan yang ingin kamu terapkan.

Amati dan catat. Perhatikan untuk menghindari hal-hal penyebab kegagalan dan yang tak akan berhasil untuk kamu lakukan. Observasi dan evaluasi untuk memodifikasi cara-cara yang akan berhasil untukmu.

Dari semua panduan itu, kamu harus bertindak dan sungguh-sungguh melakukan  semua langkah-langkah yang sudah kamu rencanakan. Seperti kata Bruce Lee, "Knowing is not enough, we must apply, wiliing is not enough, we must do."

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak