facebook

5 Aktivitas yang Dapat Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak

Calvin Vadero
5 Aktivitas yang Dapat Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak
Ilustrasi hubungan orangtua dan anak (Foto : Unsplash.com/calvin)

Ketika seluruh keluarga terlibat dalam perencanaan kegiatan yang menyenangkan, anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengalami momen spesial. Aktivitas bersama adalah  saat-saat yang menghubungkan keluarga anda dan membangun hubungan yang dalam dan sehat.

Menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga membutuhkan perencanaan, tetapi itu adalah sesuatu yang baik. Ketika anak-anak merasa dekat dengan orang tua mereka, mereka berusaha lebih keras untuk menyenangkan dan membuat mereka bangga, yang kemudian membuat seluruh keluarga lebih kuat.

Tidak harus dengan kegiatan yang rumit. Dengan sedikit usaha, anda dapat mengubah ikatan menjadi cerita lucu, manis, dan kenangan abadi seumur hidup.

Berikut 5 aktivitas terbaik untuk mempererat hubungan orangtua dan anak:

1. Mengunjungi museum

Museum, galeri, dan pameran adalah aktivitas luar biasa lainnya untuk seluruh keluarga anda . Percayalah, anak-anak anda akan menyukainya karena saat ini sebagian besar museum memiliki program khusus untuk anak-anak.

Disadur dari parents.com, kegiatan ini sekaligus mendidik dan menghibur. Di sinilah anak-anak memiliki kesempatan untuk berinteraksi, melihat berbagai hal, dan mempelajari lebih banyak fakta menarik tentang dunia sekitar.

2. Pendakian alam

Anak-anak harus menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan. Ini akan meningkatkan mood dan tidur mereka. Apa yang biasanya kita sukai dari musim panas? Tentu saja cuaca hangat. Pergi mendaki dengan anak-anak anda. Hal itu sehat untuk anda dan mereka.

Disadur dari wmnlife.com, saat mendaki, beri tahu mereka lebih banyak tentang tempat yang anda kunjungi. Jelajahi daerah tempat anda tinggal atau, jika kamu ingin berpetualang, melangkah lebih jauh dan tunjukkan kepada anak-anak anda memiliki sesuatu yang baru seperti ada olahraga alam, taman, dan tempat lain yang belum pernah mereka kunjungi.

3. Melukis

Anak-anak suka menjadi berantakan dan kami tahu itu! Lalu mengapa kita tidak membiarkan mereka memilih warna? Beli beberapa cat cerah dan lakukan apa yang selalu ingin anda lakukan dan bergabunglah dengan anak-anak kamu dan jadilah kotor bersama.

Semua anak sangat artistik dan melukis adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan diri. Anda akan menemukan banyak hal menarik tentang anak kamu sendiri. Anda cukup analisis lukisan mereka dan warna yang mereka pilih.

4. Bersepeda

Saat ini anak-anak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer mereka. Tapi bermain game di luar lebih menyenangkan! 

Tarik mereka keluar dan gowes sepeda bersama anak-anak anda. Bawa anak-anak anda ke lokasi terindah yang anda tahu, pasang kamera ke helm anda dan rekam perjalanan anda. Bersepeda adalah cara yang luar biasa untuk berolahraga.

5. Memasak kue

Jika cuaca di luar tidak seperti yang anda inginkan, anda bisa tetap di rumah dan melakukan sesuatu yang menyenangkan. Anda dan seluruh keluarga dapat menghabiskan hari di dalam ruangan dengan bersenang-senang sambil melakukan sesuatu bersama.

Bagaimana kalau memasak sesuatu yang lezat dengan anak-anak anda? Ajari mereka untuk menyiapkan makanan favorit mereka, misalnya kue kering. Memiliki kompetisi pada dekorasi terbaik. Makanan yang dimasak dengan orang yang anda cintai terasa lebih enak, bukan? Selain itu, kegiatan tersebut mengembangkan kreativitas anak.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat mempererat hubungan orangtua dan anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak