facebook

Kulit Kering Jadi Masalah? Simak Tips dan 5 Produk Atasi Kulit Kering

Alisya Balqis
Kulit Kering Jadi Masalah? Simak Tips dan 5 Produk Atasi Kulit Kering
Ilustrasi Gambar (Pexels.com/Andrea Piacquadio/alisyabalqis)

Kulit kering pada wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor dari keringnya kulit pada wajah adalah kurangnya cairan atau minyak yang diproduksi kulit.

Kulit membutuhkan sebum yang cukup untuk memenuhi kelembaban, sehingga diperlukan perawatan seperti konsumsi makanan atau minuman sehat dan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit adalah dengan menjaga kesehatan kulit seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan minuman yang sehat.

Kulit membutuhkan makanan yang sehat seperti ikan yang memiliki kandungan collagen, buah-buahan yang memiliki serat dan vitamin yang beragam, dan tentunya sayuran. Minum air putih yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk melengkapi hidrasi kulit.

Produk yang dibutuhkan untuk mengatasi kulit wajah yang kering adalah dengan menggunakan rangkaian skincare yang mengandung formula yang dapat melembabkan kulit, contoh kandungannya adalah Glycerin, Hyaluronic acid, dan Ceramide. 

5 Tips Untuk Mengatasi Kulit Kering:

1. Gunakan Skincare yang Melembabkan

Kulit yang kering harus dirawat dengan menggunakan skincare yang diformulasikan untuk melembabkan kulit. Seperti menggunakan toner untuk hidrasi kulit, moiszturizer untuk menjadi pelembab, dan tidak lupa untuk menggunakan sunscreen dengan spf minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Makan Makanan Berserat

Makanan yang berserat sangat dibutukan untuk merawat kulit dari dalam tubuh, konsumsi makanan yang bergizi dan kurangi mengkonsumsi Junk food atau Fast food. 

3. Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencukupi kadar minenal dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, air putih juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

Air putih dapat melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan keelastisitasan kulit, sehingga akan membantu untuk terhidar dari kulit kering.

4. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah yang berbentuk Sheet Mask yang memiliki kegunaan melembabkan sangat bagus untuk mengatasi kekeringan pada kulit wajah. Cukup gunakan sheet mask 2 atau 3 kali dalam 1 minggu untuk memaksimalkan hasilnya.

5. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah dibutuhkan untuk menganggat sel-sel kulit mati di wajah yang bisa menyebabkan kulit kering. Eksfoliasi wajah bisa dengan menggunakan facial scrub yang memiliki bulir-bulir halus untuk membersihkan wajah secara menyeluruh atau bisa juga dengan menggunakan toner dan serum ekfoliasi.

Berikut, 5 Rekomendasi Produk yang Dapat melembabkan Wajah:

1. Simple Kind to Skin Moisturising Face Wash

Sabun cuci muka adalah salah satu kunci utama untuk menangani kulit wajah yang kering. Menggunakan produk sabun cuci muka harus sesuai dengan kebutuhan kulit.

Jika memiliki tipe kulit kering, jangan menggunakan produk sabun untuk tipe kulit berminyak, itu akan membuat wajah semakin kering karena kandungannya tidak sesuai dengan kebutuhan kulit.

Simple Moisturising Face Wash ini merupakan brand nomor 1 asal Inggris yang sangat direkomendasikan untuk tipe kulit wajah yang kering karena menggunakan bahan-bahan alami.

Sabun ini tidak mengandung alkohol, paraben, pewarna buatan, dan parfum sehingga aman untuk digunakan setiap hari. Simple Moisturising Face Wash ini 100% Soap-free sehingga dapat mencegah kulit kering dan melembabkan. Harga dari produk ini juga sangat terjangkau, yaitu kisaran Rp60.000 untuk ukuran 150ml. 

2. Vitamin E Hydrating Toner The Body Shop

Seperti nama produknya, toner ini memiliki kandungan vitamin E yang dipercaya mampu melindungi wajah  dari lingkungan yang banyak polusi.

Selain itu, toner ini juga memiliki kandungan Glycerin yang sudah dibahas di awal bahwa kandungan ini mampu melembabkan wajah dan menjaga kadar air dalam kulit tetap baik dan terhidrasi.

Toner ini dibandrol dengan harga Rp199.000 untuk ukuran 250 ml. Harga yang dibandrol juga masih bisa terbilang terjangkau karena ukurannya yang lumayan besar dan dapat digunakan berkali-kali.

3. Somethinc Hyaluronic B5 Serum

Somethinc merupakan produk lokal Indonesia yang saat ini sedang menjadi salah satu alternatif untuk banyak orang mengatasi permasalahan kulit mereka.

Tak perlu diragukan, Somethinc memiliki performa yang tidak kalah dari produk-produk asing yang harganya tinggi. Banyak pula beauty influencer yang merekomendasikan produk-produk dari Somethinc untuk digunakan sesuai dengan permasalahan kulit masing-masing orang.

Salah satu dari produk Somethinc yang sangat popular adalah serum Hyaluronic B5 ini. Serum ini mampu menjaga kesehatan kulit dan melembabkan, menghidrasi kulit, menghaluskan tekstur kulit, meredakan kemerahan dan iritasi karena memiliki kandungan Hyaluronic Acid, Onsen Sui Water dan kandungan lain.

Harga dari serum ini sangat terjangkau karena hanya dibandrol dengan harga Rp115.500 untuk 20ml dan Rp199.000 untuk ukuran 40ml. Serum ini juga diklaim aman untuk semua jenis kulit termasuk jenis kulit sensitif.

4. Sukin Signature Facial Moisturizer

Untuk melembabkan wajah, tentunya pelembab menjadi kunci utama untuk memaksimalkan semua produk yang digunakan.

Pelembab dari Sukin ini mengandung Glyscerin, Aqua, Aloe vera, Sesame Oil, Avocado, dan bahan lainnya yang mampu melembabkan, menutrisi, menenangkan, dan melembutkan kulit kering pada wajah. Produk Sukin ini menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit.

Produk ini merupakan brand skin care & personal care natural no. 1 dari Australia. Harga dari produk ini juga terbilang terjangkau, yaitu kisaran Rp150.000 untuk ukuran 125ml.

5. Skin Aqua UV Moisture Milk

Untuk mengunci semua produk perawatan wajah yang digunakan, kulit membutukan perlindungan dari sinar UV atau sinar matahari yang dapat merusak jaringan kulit jika terpapar tanpa dilindungi oleh Sunscreen.

Produk ini menjadi salah satu produk yang sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, karena memiliki Spf 50+ PA ++ yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, produk ini juga mampu menjaga kelembaban kulit.

Ada beberapa Sun Screen yang meninggalkan Whitecast atau residu yang membuat kulit menjadi terlihat kusam dan berbeda dari kulit asli, namun produk ini tidak seperti itu. Dengan harga Rp. 50.000 anda bisa melindungi dan menjaga kesehatan kulit secara maksimal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak