facebook

5 Kegiatan Penentu Kualitas Hidup, Coba Terapkan dari Sekarang

Dwimar Turmidzi
5 Kegiatan Penentu Kualitas Hidup, Coba Terapkan dari Sekarang
Ilustrasi wanita yang sedang bermeditasi (pexels)

Setiap individu pastinya menginginkan kehidupan yang selalu berkualitas di setiap detik, menit, jam, hingga harinya. Itu semua tergantung apa yang kita lakukan pada hari itu, di mana kita bisa memanfaatkan waktu yang ada tanpa terbuang sia-sia. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat dan positif. Itu semua tergantung dari niat seseorang yang, tanpa adanya paksaan dari orang lain.

Berikut 5 kegiatan penentu kualitas hidup kita dalam setiap harinya. Simak baik-baik, ya!

1. Bangun pagi

Ada yang pernah mendengar sebuah kiasan berbunyi, jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dipatok ayam? Sesungguhnya kiasan itu bukan hanya merujuk pada rezeki saja, tetapi juga pada kualitas hidup seseorang. Selain itu, dengan bangun pagi sebelum matahari terbit dapat membuat metabolisme tubuh, sehingga berjalan dengan baik. Jadi, biasakan selalu bangun pagi, ya!

2. Ibadah 

Bagi seorang muslim, shalat 5 waktu merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua umat. Tak hanya untuk meningkatkan kedekatan kita terhadap Tuhan, manfaat ibadah juga dapat meningkatkan spiritual kita, termasuk ibadah bagi agama lainnya. Jika kita lakukan secara rutin, ibadah bisa mengontrol tingkat stres dan emosional kita di setiap harinya.

3. Meditasi

Terkadang kita butuh waktu sejenak untuk merenungkan apa yang sudah kita lakukan dalam sehari-harinya. Meditasi adalah cara ampuh agar kita bisa merevisi apa saja yang sudah kita lakukan. Jika itu baik, bisa kita teruskan. Sementara jika itu buruk, bisa kita buang kebiasaan itu. 

4. Lakukan pekerjaan sesuai kapasitas kita

Setiap individu memiliki kapasitas otak dan tenaga masing-masing. Jadi, kita tidak harus menyamakan apa yang sudah orang lain lakukan. Karena ketika kita sudah membanding-bandingkan diri dengan orang lain, tentunya itu hanya akan membuat kita semakin overthingking dan kurang bersyukur dengan kehidupan sendiri. Jadi, lakukan sesuai dengan kapasitas-mu, ya!

5. Tidur yang berkualitas

Semua orang pasti sangat membutuhkan waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa pun bermacam-macam. Hal yang paling penting adalah kualitas tidur dibandingkan waktu-nya. Karena terkadang, kita sudah memenuhi jam tidur orang dewasa, tetapi badan masih terasa pegal-pegal hingga berasa ngantuk. Itu semua disebabkan karena ketika kita tidur sering terbangun. Sehingga, waktu tidur yang cukup tidak bisa menjadi patokan tidur berkualitas. Dampaknya adalah kita akan susah sekali berkonsentrasi di waktu pagi hingga malam harinya. 

Itulah tadi 5 kegiatan yang jadi penentu kualitas hidup kita dalam sehari-hari. Semoga, 5 kegiatan itu bisa kamu lakukan secara rutin, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak