facebook

4 Cara Meredam Emosi kepada Pasangan Agar tidak Memperkeruh Keadaan

Dwimar Turmidzi
4 Cara Meredam Emosi kepada Pasangan Agar tidak Memperkeruh Keadaan
Ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels/dwimarturmidzi)

Memiliki pasangan hidup, pasti punya banyak tantangan yang harus kita hadapi. Tidak seindah di cerita drama-drama di TV, kehidupan nyata dalam berumah tangga pasti banyak sekali naik turunnya. Jika kita tidak pandai mengontrol keadaan, kehidupan rumah tangga kita akan kacau.

Tak hanya perasaan senang saja, dalam kehidupan rumah tangga pasti ada saatnya kita diuji dengan pasangan yang sering menguji kesabaran kita. Karena pernikahan itu adalah seni menyatukan dua kepribadian yang berbeda, terkadang kita dituntut untuk tetap bersabar dengan pasangan yang sedang menguji kesabaran kita. 

Berikut 4 cara meredam emosi kepada pasangan agar tidak semakin memperkeruh keadaan. Simak baik-baik, ya!

1. Menjauhi pasangan kita sejenak

Menjauhi sejenak pasangan kita adalah cara yang paling valid untuk tidak melampiaskan emosi kita kepada pasangan. Ketika kita dalam keadaan emosi, dan melihat orang yang sedang membuat kita emosi, maka rasa ingin melampiaskan kemarahan kita kepada pasangan akan semakin hebat. Jadi, kita perlu menjauh sejenak agar pikiran kita tidak terbawa emosi saat melihat pasangan di depan mata kita. 

2. Mengingat-ingat bahwa kemarahan hanya akan membuat hubungan terhadap pasangan semakin memburuk

Setelah kita menjauh dari subjek kemarahan kita, lalu kita ingat-ingat bahwa kemarahan hanya akan membuat hubungan kita terhadap pasangan semakin memburuk atau bahkan tidak harmonis.

Jadi, ada baiknya kita ingat-ingat dampak apabila kita secara brutal melampiaskan emosi kita kepada pasangan. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita katakan ketika kita sedang dalam keadaan emosi. Bisa jadi, kata-kata yang keluar dari mulut kita saat marah akan menyakiti perasaan pasangan kita.

3. Duduk dan minum segelas air hangat

Meminum air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, termasuk saat kita dalam keadaan emosi, air hangat dapat memperbaiki sel-sel yang buruk. Jadi, duduklah dengan meminum segelas air hangat agar emosi kita dapat terkontrol! 

4. Bicarakan secara baik-baik kepada pasangan kita

Memendam emosi juga tidak baik bagi tubuh kita. Maka dari itu, ceritakan kepada pasangan kita bahwa apa yang sudah dia lakukan tidak berkenan dengan hati kita.

Membicarakan masalah secara baik-baik juga bermanfaat mempererat hubungan kita dengan pasangan agar tidak ada lagi kesalah pahaman kita terhadap pasangan, dan tentunya masalah akan terselesaikan dengan baik.

Itu tadi 4 cara meredam emosi kepada pasangan agar tidak memperkeruh keadaan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak