facebook

4 Cara agar Kamar Mandi Bersih dan Terbebas dari Kerak, Dijamin Ampuh!

Desyta Rina Marta Guritno
4 Cara agar Kamar Mandi Bersih dan Terbebas dari Kerak, Dijamin Ampuh!
Ilustrasi Kamar Mandi Bersih. (Pixabay/keresi72)

Kamar mandi yang bersih dan terbebas dari kerak akan terasa nyaman bila digunakan. Namun, kamu pasti pernah mengalami masalah di mana lantai kamar mandimu terlihat kotor dan berkerak, bukan?

Masalah tersebut umum terjadi karena banyak faktor, seperti sisa kotoran, kelembaban, dan juga lumut yang menempel. Beberapa faktor tersebut bila dibiarkan terlalu lama dan tidak dibersihkan akan menimbulkan kerak, kerak tersebut yang menyebabkan warna lantai menjadi kusam dan kotor.

Lantas, bagaimana cara membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak dan kotor, agar tetap bersih? Ikuti lima cara ini, yuk!

1. Membersihkan secara Rutin

Kerak dan kotoran yang menempel pada lantai kamar mandi tidak akan sulit dihilangkan apabila kamu sering membersihkannya. Caranya sederhana, yaitu dengan menggosok lantai setiap dua hari sekali tanpa cairan pembersih, maka lantaimu akan senantiasa bersih.

2. Memakai Sitrun atau Asam Sitrat

Kamu pasti tidak asing lagi dengan bahan pembuat kue satu ini, asam sitrat memang dikenal selain untuk membuat makanan tetapi juga ampuh membersihkan noda, termasuk noda kerak di kamar mandi.  Caranya mudah, kamu hanya melarutkan asam sitrat ke dalam air hangat, kemudian siram ke bagian yang kotor atau berkerak. Tunggu kurang lebih selama 30 menit, lalu gosok. Kerak akan lebih mudah dihilangkan.

3. Menggunakan Cuka

Cuka, cairan asam yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan acar ini, ternyata juga bisa membersihkan kerak pada lantai kamar mandi. Caranya, larutkan cuka dengan air pada perbandingan yang sama, kemudian semprotkan pada bagian yang kotor. Tunggu beberapa saat, kemudian gosok lantai hingga bersih.

4. Cairan Pembersih Kamar Mandi

Tidak perlu khawatir dengan kerak pada lantai, karena saat ini sudah banyak beredar cairan yang bisa melunturkan noda pada lantai kamar mandi. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut pada bagian yang kotor, kemudian gosok dan bilas dengan air bersih. Namun hati-hati, karena seperti cairan ini biasanya menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Itulah empat cara agar lantai kamar mandi terlihat bersih dan terbebas dari kerak serta kotoran lain. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi, agar semua anggota rumah merasa nyaman menggunakannya, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak