facebook

3 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengada-Ada

Dwimar Turmidzi
3 Cara Menghadapi Teman yang Suka Mengada-Ada
Ilustrasi teman yang sedang berbicara (pexels.com/dwimarturmidzi)

Setiap orang ataupun individu pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang positif dan ada juga yang negatif. Tentunya, semua individu tidak ada yang sempurna.

Dalam suatu diri pasti akan ada sisi baik dan sisi buruk masing-masing. Namun, ketika kita bisa mensyukuri dan menyadari bahwa setiap manusia memiliki kekurangan, semuanya akan tetap berjalan dengan baik, meskipun selalu ada saja masalah yang menghampiri.

Dalam sebuah circle pertemanan, pastinya kita akan menjumpai sifat dan karakter teman kita yang baik dan buruk. Ketika dia memiliki sisi positif di dalam satu hal, di lain hal ia memiliki sisi negatif yang bisa kita evaluasi. Jadi, kita harus pandai-pandai menghadapi sisi baik dan buruknya teman kita. 

Kalian pasti pernah atau ada, tipe teman yang suka mengada-ada? Jika iya, kita sebagai teman yang baik, jangan langsung gegabah untuk meninggalkan tipe teman yang seperti itu. Karena sifat mengada-ada sama sekali tidak merugikan kita, hanya kita dituntut cerdas agar tidak langsung percaya terhadap apa yang dikatakan teman kita tersebut.

Berikut 3 cara menghadapi teman yang suka mengada-ada. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Dengarkan apa yang sedang dia katakan meskipun itu hanya rekayasanya dia

Meskipun kita sudah mengetahui bahwa teman kita adalah teman yang suka mengada-ada cerita, kita sebagai teman harus tetap menghargai ia yang sedang berbicara dengan kita.

Hal itu mungkin akan membuat kita mengernyitkan dahi keheranan dengan segala kebohongan yang sedang teman kita buat, tetapi tidak ada salahnya juga kita tetap menghargainya yang sedang berbicara dengan kita.

2. Memberikan pertanyaan yang mungkin bisa membuat ia berpikir ulang untuk berbohong

Sesekali buat sebuah pertanyaan yang menjebak ia untuk bisa berpikir ulang untuk mengada-ada sebuah cerita.

Karena ketika ia benar-benar berbohong, ia akan kebingungan saat menjawab pertanyaan jebakan darimu. Hal itu juga bisa membuat ia berpikir bahwa kamu adalah orang yang susah dibohongi.

3. Mencari tahu kebenaran terhadap orang terdekatnya

Ketika kita masih ragu dengan apa yang dikatakan oleh teman kita, kita bisa bertanya langsung kepada pihak keluarganya. Namun, jangan langsung bertanya to the point kepada keluarganya, disini kita harus pandai mengemas kata-kata pertanyaan yang bisa terjawab semua kebenaran tentang perkataan teman kita itu.

Itulah tadi 3 cara menghadapi teman yang suka mengada-ada cerita atau berbohong. Semoga artikel ini bermanfaat untuk circle pertemanan kalian, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak