facebook

Tips Membangun Bisnis di Usia Muda

Muhammad Haekal Ramadhan
Tips Membangun Bisnis di Usia Muda
Ilustrasi bisnis (Unsplash/Jason)

Pebisnis muda ialah orang-orang yanng sudah membuktikan bagaimana seseorang yang masih berusia muda mampu menjalankan suatu bisnis. Meski pada umumnya bisnis yang dilakukan oleh mereka masih berskala kecil dan menengah.

Merintis usaha sendiri seolah-olah sudah tertanam bagi seseorang berusia muda daripada menjadi karyawan atau harus bekerja kepada orang lain.  

Salah satu bagian dari bisnis adalah memulainya, apalagi bagi para pemula yang berniat membuka usaha untuk pertama kalinya. Diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan usaha.

Berikut Langkah awal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis:

1.     Melihat potensi atau peluang

Sebagai pengusaha yang baru merintis, mengamati tren adalah hal yang terpenting dimana harus melihat kejadian yang sedang berlangsung baru-baru ini. 

2.     Melakukan survei

Survei pasar sangatlah penting untuk meningkatkan daya saing. Dimana seseorang harus mencari kisaran harga dari produk yang sama yang ditawarkan oleh kompetitor. Kemudian melakukan survei lokasi, dimana cari lokasi yang strategis dan memiliki banyak akses umum.

3.     Menyesuaikan modal 

Pengusaha dapat menerima modal dari mana saja, mulai dari dana pribadi, pinjaman, dan lain-lain. Pastikan bisnis yang akan dijalani sudah sesuai dengan modal yang dimiliki. Lakukan pembukuan serinci mungkin. Jika berniat meminjam ke bank, siapkan rencana matang sebelum mengajukan pinjaman.

4.     Memanfaatkan media sosial 

Gunakan media sosial sebagai platform untuk memasarkan dan mempromosikan produkmu secara gratis setiap hari. Adapun juga dengan berjualan di marketplace juga dapat membantu memperluas jaringan bisnis yang dijalani.

Terjun ke dunia wirausaha tentu harus ada resiko yang diambil. Namun bila kita memiliki rencana yang matang, resiko untuk gagal akan kecil.

Tips untuk mengembangkan bisnis di usia muda adalah pertama harus menemukan passion.

Kedua adalah harus mengetahui pasar dimana salah satu alasan utama mengapa bisnis baru tidak sukses ialah karena kurangnya penelitian terhadap target pasar secara menyeluruh. Ketiga, harus memiliki dana yang jelas. 

Beberapa orang sukses berada di usia berkisar di umur 25 tahun. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang berani mengambil resiko untuk mendapatkan keberhasilan. Salah satunya adalah William Ernest. Beliau merupakan Presiden dari Broadway Group Jakarta. “Banyak tantangan yang pernah saya hadapi. Seperti merugi saat menjalankan event management hingga ditipu oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” ujar Ernest.

Ernest menceritakan, memulai Broadway Group Jakarta pada tahun 2010 sebagai perusahaan event organizers di Jakarta dan Bali bersama rekan bisnisnya, Vinnie Kinetica, saat ini Broadway Group Jakarta berkembang menjadi perusahaan bidang industri ekonomi kreatif.

Menurut Ernest, dalam berbisnis itu tidak hanya berorientasi kepada keuntungan semata. Tapi bagaimana memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap bisnis yang digelutinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak