facebook

3 Tanda Teman Tidak Tahu Berterima Kasih, Jangan Sampai Tertipu!

Keza Felice
3 Tanda Teman Tidak Tahu Berterima Kasih, Jangan Sampai Tertipu!
ilustrasi persahabatan (Unsplash/Bewakoof)

Sesama teman sepertinya memang harus saling tolong menolong bila salah satu di antaranya mengalami kesulitan, bukan? Hal ini pula yang sering kali kamu lakukan kepada teman-teman dekatmu. Apabila tidak mampu membantu secara materi maupun tenaga, biasanya kamu akan memberikan suntikan moral. Dengan harapan temanmu akan lebih semangat dan tetap tegar dalam menyelesaikan permasalahan hidup.

Akan tetapi, sayangnya tidak semua teman yang kamu bantu itu tahu diri lho. Sudah jelas kamu telah membantunya, tapi dia justru menusukmu dari belakang. Karena itulah kamu tetap perlu hati-hati dan melihat terlebih dahulu sebelum menolong teman. Nah, berikut beberapa tanda teman tidak tahu berterima kasih setelah kamu tolong. Catat daftarnya agar kamu tidak dimanfaatkan olehnya!

1. Suka Curhat tapi Marah Saat Diberi Nasihat

Mungkin tidak hanya satu atau dua kali saja dia datang padamu untuk curhat. Terkadang dia menyita banyak waktumu hanya untuk menceritakan keluh kesahnya. Bahkan, kamu tidak keberatan untuk menemaninya walaupun sebenarnyamempunyai agenda tersendiri untuk dilakukan. Pastinya tak mungkin bukan, bila kamu hanya diam dan menyimak sepanjang ceritanya itu?

Karenanya, kamu sebisa mungkin ingin memberikan sedikit nasihat ataupun masukan padanya. Siapa tahu apa yang kamu katakan bisa membantu dia dalam menyelesaikan masalah. Sayangnya, bukan menerima ataupun berterima kasih padamu, teman yang tidak tahu berterima kasih justru akan memarahimu. Dia pun akan mengatakan bahwa sebaiknya kamu tidak ikut campur dalam urusan pribadinya. Duh menyebalkan sekali, kan!

2. Sering Merepotkan Kamu, Tapi Tidak Bisa Dimintai Tolong

Sepertinya dia memang sudah terbiasa meminta tolong padamu setiap kali mempunyai masalah. Bahkan tak jarang dia memperlihatkan air matanya agar kamu kasihan dan langsung menuruti permintaannya. Akan tetapi, saat kamu membutuhkan bantuan darinya, dia justru menghindar dan angkat tangan. Parahnya, sebelum kamu mengutarakan keperluan, dia malah sudah menolaknya duluan. Misalnya, dia akan langsung menjauh saat mengetahui kamu sedang mempunyai masalah seakan-akan tidak mengetahui kesusahanmu.

3. Marah-marah saat Utangnya Ditagih

Ini adalah salah satu tanda teman yang tidak tahu berterima kasih yang sering kali dijumpai. Di mana dia akan marah-marah gak jelas ketika kamu menagih utangnya. Pasti kamu merasa kesal kan kalau dia bersikap seolah-olah menjadi korban begitu? Apalagi bila dia sampai mengatakan, “Uang gak seberapa kok ditagih.” Duh! Yang seperti ini bikin sakit kepala banget, kan? Dia pikir kamu tidak butuh uang untuk memenuhi kebutuhan harian, ya? Padahal, saat meminjamnya dulu dia sudah memohon hingga kamu pun memberikan uang padanya. 

Kalau temanmu menunjukkan tanda-tanda ini, apa kamu yakin masih betah berteman dengan dia? Sebaiknya kamu bersikap waspada bila sudah menemukan tanda ini pada diri teman-temanmu, sehingga kamu tidak mudah dimanfaatkan oleh mereka. Tanda teman tidak tahu berterima kasih perlu dicermati ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak