facebook

Sering Berpikir Negatif, Ini 4 Tips Menghilangkan Sifat Toxic dalam Diri!

Muhammad Hafizh Ramadhan
Sering Berpikir Negatif, Ini 4 Tips Menghilangkan Sifat Toxic dalam Diri!
Ilustrasi wanita yang sedang punya masalah (Pexels.com/@olly)

Akhir-akhir ini orang sering menggunakan istilah toxic, yaitu orang yang sangat menyebalkan dan dijauhi dalam pergaulan. Toxic adalah sesuatu yang melihat dari sisi negatif dan tidak mempunyai hal positif.

Namun, bagaimana jika kita secara tidak sadar telah menjadi orang yang toxic menurut orang lain? jangan khawatir, ada beberapa tips untuk tidak menjadi orang yang toxic!

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Kalau kamu termasuk orang yang tidak percaya dengan diri sendiri, mulailah mencintai dirimu sendiri. Kamu pun harus memahami bahwa dirimu pasti mempunyai keahlian dan kelebihan yang orang lain tidak miliki.

Selain itu, teruslah mencari potensi yang ada dalam dirimu sampai kamu bisa percaya dengan diri sendiri. Dengan begitu, orang pun akan percaya kepadamu.

2. Mencari tahu sebab pikiran negatif

Carilah penyebab kenapa kamu memiliki pikiran yang negatif, walaupun hal ini agak sulit untuk dilakukan. Tapi mulailah dengan mencatat segala hal yang menyebabkan pikiran negatif itu muncul, contohnya seperti kurang percaya diri atau penyebab lain yang membuat kamu memiliki pikiran yang negatif.

Kamu juga harus bisa melihat dirimu ketika gagal, saat mengalami kegagalan itu kamu dapat bangkit dan berjuang lagi atau tidak. Jangan pernah mengatakan tidak bisa untuk segala sesuatu yang ingin dicapai.

3. Berpikir sebelum mengambil keputusan

Biasanya karena sudah emosi kita tidak bisa berpikir panjang dan langsung membuat sebuah keputusan. Mulai saat ini cobalah untuk berpikir sebelum mengambil keputusan itu. Karena bisa jadi perbuatan atau perkataan kita menyakiti orang lain, jadi latih diri kamu untuk bisa berpikir panjang sebelum bertindak. Pikirkanlah tindakanmu itu baik untuk orang lain atau tidak.

4. Merasa bersyukur

Kita hanyalah manusia biasa yang kadang suka membandingkan diri dengan orang lain. Hal itu bisa kita hadapi dengan cara bersyukur atas hidup ini atau apa yang telah kita punya. Syukur itu tidak cuma diucapkan di lisan, tapi juga harus diwujudkan pada perbuatan kita sehari-hari agar menghindari toxic dalam diri sendiri.

Itulah 4 tips menghilangkan sifat toxic dalam diri. Kalau sudah sadar kamu punya sifat toxic, yuk segera hilangkan sifat toxic itu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak