facebook

4 Tips Membuat Rumah Minimalis Terasa Lega dan Nyaman Ditempati, Warna Cat Memengaruhi!

Desyta Rina Marta Guritno
4 Tips Membuat Rumah Minimalis Terasa Lega dan Nyaman Ditempati, Warna Cat Memengaruhi!
Ilustrasi Rumah Minimalis. (Pexels/scottwebb)

Rumah minimalis saat ini tengah menjadi tren, orang-orang kota biasanya lebih memilih rumah dengan desain yang tidak terlalu besar. Alasannya beragam, ada yang ingin rumah kecil agar mudah dibersihkan, suka dengan desainnya, atau sekadar mengikuti tren.

Namun, memiliki rumah minimalis memerlukan beberapa trik khusus agar rumah tersebut tidak terkesan sempit. Apalagi dengan perabotan rumah yang tidak sedikit. Berikut adalah cara membuat rumah minimalis terasa lega dan nyaman ditempati.

1. Menggunakan Cat Putih

Pemilihan warna ternyata juga berpengaruh terhadap suasana rumah, lho, termasuk kenyamanan dan kelegaan. Warna putih dinilai akan membuat ruangan terasa lebih luas dibandingkan warna lain. Selain itu warna putih juga memudahkanmu dalam menghias ruangan, kamu bisa memadupadankannya dengan perabotan dengan warna kalem agar rumah mungilmu tidak terkesan berlebihan.

2. Memanfaatkan Perabotan

Hindari menggunakan terlalu banyak perabotan di rumah yang minimalis karena itu akan membuat rumah terasa sesak, ruang gerak untuk kita juga akan terbatas. Kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan satu perabotan menjadi multifungsi, seperti meja yang bagian bawahnya bisa kamu jadikan sebagai penyimpanan buku atau mainan anak.

3. Memilih Perabotan yang Tepat

Memilih perabotan yang tepat juga penting dilakukan jika ingin membuat rumahmu yang minimalis terasa lega dan nyaman, seperti sofa misalnya. Sofa adalah salah satu furniture yang memakan banyak tempat. Jika ruangan yang kamu miliki tidak terlalu luas pertimbangkan dalam memilih bentuk sofa.

Pilih sofa dengan ukuran minimalis atau kamu juga bisa untuk tidak memakai sofa dan menggantinya dengan karpet. Ini bisa jadi lebih efektif untuk membuat ruanganmu tidak terasa sesak, selain itu juga memudahkan dalam membersihkan ruangan.

4. Menata Ruangan dengan Tepat

Memiliki rumah yang minimalis mengharuskan kita untuk pintar dalam menata ruangan, terlebih jika ingin terasa lega dan nyaman. Seperti menempatkan barang, memilah barang yang sudah tidak digunakan untuk dibuang dan penggunaan hiasan yang tepat. Itu perlu diperhatikan agar rumah tidak dipenuhi dengan barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Itulah 4 tips agar rumah minimalis terasa lega dan nyaman ditempati. Untuk kamu yang berencana membeli rumah dengan desain minimalis tidak perlu khawatir karena meskipun mungil tetap nyaman ditempati asal kita pandai mengaturnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak