facebook

3 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Tentang Kehidupan Masa Depan, Kamu Harus Tahu!

Keza Felice
3 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Tentang Kehidupan Masa Depan, Kamu Harus Tahu!
Ilustrasi seorang wanita (Unsplash)

Kebanyakan orang merasa khawatir akan banyak hal untuk urusan masa depan. Biasanya hal seperti ini umum dialami saat kamu berusia sekitar 20 – 25 tahun. Hal ini meliputi urusan kehidupan, finansial, asmara, karier, impian, pencapaian, dan berbagai hal lain yang menyebabkan munculnya rasa cemas dan tidak nyaman. 

Hal tersebut tentu membuat kamu semakin tidak tenang untuk menikmati hidup, kan? Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak perlu bersedih lagi karena rasa khawatir tentang masa depan bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini!

1. Merelakan Keinginan yang Tidak Perlu

Sepertinya setiap orang mempunyai keinginan dalam hidupnya. Akan tetapi tidak semua keinginan itu bermanfaat untuk dirimu. Mungkin beberapa di antaranya justru dapat memberikan kerugian atau dampak yang membuat kamu semakin khawatir.

Oleh karenanya cobalah untuk melakukan evaluasi dan kembali memilih dari setiap daftar keinginan yang kamu miliki. Apabila ternyata keinginan tersebut tidak terlalu penting dan tidak banyak mendatangkan manfaat bagi diri sendiri serta masa depan, ada baiknya bila kamu merelakan dan melepaskan keinginan tersebut.

2. Menghindari Lingkungan Pergaulan yang Tidak Sehat

Lingkungan menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi cara berpikir seseorang. Apabila kamu bergaul dengan orang-orang yang usianya lebih tua, maka dampaknya juga akan langsung terlihat pada dirimu, misalnya kamu jadi lebih bijaksana, lebih paham tentang kehidupan, atau justru semakin ambisi untuk mencapai banyak hal tapi sulit merealisasikannya.

Hal tersebut tentu berbeda juga bila kamu bergaul dengan teman-teman yang usianya sepadan. Setiap lingkungan pertemanan tentu akan memberikan dampak yang  berbeda-beda. Karenanya kamu harus pandai dalam memilih lingkungan pergulan karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap pola pikirmu, termasuk tentang masa depan. 

3. Banyak Bersyukur

Meskipun mengeluh itu sah-sah saja, tetapi sebaiknya kamu tidak sering mengeluh. Ada baiknya bila kamu memperbanyak rasa syukur agar tidak muncul rasa kurang dalam setiap rezeki dan anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepadamu.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk berhenti mengeluhkan banyak hal. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang dan damai walaupun sedang menghadapi suatu permasalahan. Tenanglah karena Tuhan selalu bersama dengan makhluk-Nya dan Dia akan selalu ada untuk orang yang senantiasa bersyukur.

Demikianlah tiga tips untuk menghadapi rasa khawatir tentang kehidupan masa depan. Tak ada salahnya untuk mencoba menerapkan beberapa hal ini agar kamu lebih nyaman dalam menjalani hari. Namun, tetaplah berusaha sesuai dengan porsi masing-masing sehingga apa yang kamu inginkan dapat tercapai dengan mudah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak