facebook

3 Dampak Luka Batin Masa Lalu yang Belum Sembuh

oce blue
3 Dampak Luka Batin Masa Lalu yang Belum Sembuh
Seorang anak laki-laki.[Pixabay]

Segala kesakitan yang pernah kamu lalui di waktu yang lalu bisa terus dirasakan sampai kamu menginjak dewasa. Namun, jika luka masa lalu belum sembuh hal itu akan membuat dirimu menjadi kurang sehat dalam kesehatan mental. Di bawah ini adalah tiga dampak yang ditimbulkan dari luka batin masa lalu yang belum sembuh.

1. Sulit percaya pada diri sendiri ataupun orang lain

Masih ada luka yang belum disembuhkan di hatimu memang sangat berpengaruh dalam hal kepercayaan. Jika mungkin kamu pernah merasakan betapa sakitnya kehidupan yang ditimbulkan oleh orang lain, kamu akan sangat sulit untuk meletakkan kepercayaanmu kepada orang lain. Bahkan kamu juga bisa kehilangan kepercayaan kepada diri sendiri. Jika kamu masih mengalami hal ini, cobalah untuk. berdamai dengan diri sendiri dan maafkan segala kesalahan orang lain yang membuatmu sakit hati.

2. Terlalu takut ditinggalkan

Rasa sakit hatimu di masa lalu yang masih ada sampai sekarang akan membuat dirimu mungkin bergantung kepada orang lain. Takut untuk berdiri sendiri dan bisa juga takut menerima penolakan dari orang lain. Jangan terlalu menggantungkan dirimu kepada orang lain. Penolakan dari orang lain adalah hal wajar yang tidak perlu terlalu dirisaukan. Cobalah yakinkan kepada dirimu sendiri bahwa dengan berdiri sendiri kamu juga dapat maju untuk menjadi lebih baik. Jangan khawatir untuk kehilangan orang lain. Hal ini memang menyakitkan. Tapi percayalah pasti ada orang-orang baik yang akan mendukungmu.

3. Sulit membuat batasan diri

Batasan diri itu perlu untuk kamu pahami. Kamu harus paham hal yang perlu kamu pikirkan dan berada di dalam kendalimu. Kamu juga harus sadar hal apa saja yang tidak perlu kamu pikirkan karena itu berada di luar kendalimu. Jangan berusaha untuk selalu membahagiakan orang lain. Jangan takut untuk berkata tidak atau tidak sependapat dengan orang lain. Dirimu juga berhak atas kebahagiaan. Hanya dirimu yang memimpin ke mana hidupmu akan berjalan.

Jika kamu memang belum bisa menyembuhkan luka batin yang berada di masa lalu, cobalah lakukan hal-hal positif, berpikiran positif, dan berteman dengan orang-orang baik. Hal yang tidak kalah penting juga jangan terlalu memikirkan ucapan atau perilaku buruk orang lain yang ditujukan kepadamu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak