facebook

5 Makanan Berkuah yang Nikmat Disantap saat Musim Hujan

Desyta Rina Marta Guritno
5 Makanan Berkuah yang Nikmat Disantap saat Musim Hujan
Makanan Berkuah (Pixabay/LeeJeongSoo/desytarina)

Makanan berkuah memang cocok disantap saat musim hujan seperti ini. Kuahnya yang hangat bisa menghangatkan tubuh saat hawa dingin, selain itu musim hujan biasanya rawan sakit tenggorokan, sehingga sebisa mungkin kita harus mengurangi makan gorengan yang mengandung banyak minyak.

Berikut ini adalah makanan berkuah yang cocok disantap saat musim hujan.

1. Pangsit Kuah

Pangsit Kuah (Pixabay/cegoh)
Pangsit Kuah (Pixabay/cegoh)

Pangsit adalah salah satu makanan favorit semua orang, rasanya tidak ada satu orang pun yang tak suka pangsit. Pangsit kuah sejatinya adalah pangsit kukus yang diberi kuah kaldu, teksturnya yang lembut berpadu dengan kuah panas yang gurih nikmat disantap saat hujan turun.

2. Sayur Sop

Sayur Sop (Pixabay/takedahrs)
Sayur Sop (Pixabay/takedahrs)

Musim hujan begini badan jadi rawan sakit, oleh karena itu kebutuhan sayur tidak boleh sampai terlewat. Sayur sop adalah hidangan yang pas disantap saat musim hujan, cara memasaknya yang mudah, rasanya enak, dan gizi yang banyak. Untuk sayurannya kamu bebas memakai sayur apa saja sesuai dengan selera. Sayur sop enak dimakan dengan lauk tambahan berupa perkedel kentang.

3. Sup Ayam atau Ayam Tim

Sup Ayam atau Ayam Tim (Pixabay/cegoh)
Sup Ayam atau Ayam Tim (Pixabay/cegoh)

Kalau kamu ingin makan ayam tapi tidak mau telalu banyak minyak, sup ayam atau ayam tim bisa dijadikan referensi menu. Pakai daging ayam bagian dada yang banyak serat, cukup dikukus dan disajikan dengan kuah kaldu yang sudah dibumbui.

4. Mie Kuah

Mie Kuah (Pixabay/5amramen)
Mie Kuah (Pixabay/5amramen)

Mie memang tidak pernah salah kalau dimakan saat cuaca sedang hujan, meskipun teksturnya lembut tetapi tetap mengenyangkan. Kamu bisa mengkreasikan mie kuah dengan topping sesuai selera, misalnya dengan ayam cincang, sayur, jamur, atau telur.

5. Sup Wortel dan Jahe

Sup Wortel dan Jahe (Pixabay/Einladung_zum_Essen)
Sup Wortel dan Jahe (Pixabay/Einladung_zum_Essen)

Makanan yang satu ini mungkin masih belum terlalu familiar, namun cara memasaknya cukup mudah sehingga bisa langsung dipraktekkan. Wortel dan jahe yang sudah halus dimasak dengan krim, bawang putih, dan minyak zaitun. Sup ini nikmat disantap selagi masih panas, jahe yang ada di dalamnya akan memberikan sensasi hangat pada tubuh.

Itulah 5 makanan berkuah yang nikmat disantap saat musim hujan, selain enak makanan tersebut juga lebih sehat karena tidak mengandung terlalu banyak minyak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak