facebook

4 Tips Belanja Online agar Tidak Mudah Tertipu, Salah Satunya Melihat Komentar Para Pembeli

Dwimar Turmidzi
4 Tips Belanja Online agar Tidak Mudah Tertipu, Salah Satunya Melihat Komentar Para Pembeli
Ilustrasi sedang bermain handphone. (pexels/Thirdmen)

Di zaman yang serba teknologi dan internet seperti sekarang ini, mudah sekali untuk melakukan transaksi jual-beli secara online. Tanpa harus datang langsung kepada pembeli, kita bisa dengan mudah mendapatkan barang yang kita butuhkan hanya dari rumah. Sayangnya, belanja online yang serba mudah tidak menutup kemungkinan terkena penipuan.

Pasalnya, kemudahan membeli barang secara online juga menjadikan para oknum penjual abal-abal bisa dengan mudah menipu pembeli. Hal ini membuat kita ragu untuk membeli barang kebutuhan secara online. Jadi, kita sebagai pembeli harus mengetahui tips-tips membeli barang secara daring.

Berikut empat tips membeli barang secara online agar tidak mudah tertipu. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Cari platform belanja online yang terpercaya

Saat ini banyak sekali bermunculan platform-platfom belanja online yang bisa kita dapatkan melalui smartphone kita. Tentunya dari platform belanja online tersebut ada yang terpercaya dan ada yang tak terpercaya. Sebagai customer yang cerdas, kita pastinya bisa memilih platform belanja online yang sudah pasti terpercaya.

2. Cari toko online yang memiliki penjualan terbanyak

Setelah kita mendapatkan platform belanja online yang tepat, tentunya kita tinggal memilih toko online mana yang akan kita kunjungi. Biasanya di dalam platform belanja online tersebut terdapat kuantitas penjualan dari toko online yang bekerja sama dengannya. Dari situ kita bisa memilih barang dari toko dengan penjualan terbanyak.

3. Melihat ulasan dari para pembeli di toko tersebut

Kalau kita masih ragu membeli barang di salah satu toko online, kita bisa melihat ulasan atau komentar dari para pembeli. Jika rata-rata berkomentar baik, maka sudah dipastikan toko terpercaya.

4. Mencari sosial media dan profil toko di google pencarian dari toko tersebut

Sebenarnya dari ketiga poin di atas, kita bisa langsung check-out keranjang belanjaan kita. Namun, untuk kamu yang masih ragu, kamu bisa melihat profil, ulasan, dan letak toko tersebut di google pencarian, karena biasanya setiap toko yang sudah besar pasti memiliki toko secara offline yang bisa dikunjungi secara langsung. Untuk melihat profil toko juga bisa kamu cari di media sosial toko tersebut. 

Itulah tadi empat tips membeli barang secara online agar tidak mudah tertipu. Semoga dengan artikel ini, kamu tidak ragu lagi untuk membeli barang secara online, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak