facebook

5 Tips Mudah agar Warna Baju Kesayanganmu Tidak Luntur

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Mudah agar Warna Baju Kesayanganmu Tidak Luntur
Ilustrasi Baju (Pixabay/signeditor/desytarina)

Suka kesel nggak, sih, kalau baju kesayangan luntur warnanya? Apalagi kalau pakaian tersebut sering dipakai saat acara tertentu atau ke tempat kerja. Memudarnya warna pakaian bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa cara mencuci, menjemur, dan menyetrika pakaian tersebut yang tidak tepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah ulasan 5 cara mencegah warna pakaian agar tidak luntur:

1. Periksa Label

Pertama-tama kamu harus tau dulu bahwa setiap pakaian memiliki aturan mencuci pakaian yang berbeda tergantung pada bahan, biasanya aturan ini terdapat pada label yang menempel di baju. Setelah paham bagaimana aturannya, baru setelah itu kamu bisa mencuci pakaian tersebut.

2. Penggunaan Deterjen atau Cairan Pembersih Noda

Penggunaan deterjen dan cairan pembersih noda perlu diperhatikan karena hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor lunturnya warna pakaian. Perhatikan takaran penggunaannya, juga jangan langsung menuangkan cairan pada pakaian, kamu bisa melarutkannya terlebih dahulu ke dalam air.

3. Balik Pakaian

Selesai mencuci baju hal yang perlu kamu perhatikan adalah membalik pakaian sebelum menjemurnya. Panas matahari yang menyengat ditengarai dapat memudarkan warna, lebih-lebih jika warna pakaian tersebut cenderung gelap sehingga terlihat perubahan warnanya. Kamu juga bisa menjemur pakaian tidak langsung dibawah sinar matahari untuk menghindari warna pakaian memudar.

4. Penggunaan Setrika yang Terlalu Panas

Sama seperti sinar matahari, panas pada setrika juga bisa memudarkan warna pakaian. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membalik pakaian saat disetrika, cara ini dirasa paling efektif mencegah warna pakaian memudar karena apabila panas yang digunakan tidak maksimal, proses penyetrikaan juga akan bertambah lama.

5. Menggunakan Cuka

Untuk mencegah warna pakaian memudar, kamu bisa menambahkan cuka saat mencucinya. Cuka bisa membuat warna pakaian tetap awet dan tidak mudah pudar. Setelah mencuci, pastikan kamu membilasnya hingga bersih agar bau cuka bisa hilang.

Itulah 5 tips agar warna pakaian kesayanganmu tidak pudar. Terlepas dari bahan dan lamanya pakaian, setidaknya cara diatas bisa membuat warna pakaian lebih tahan lama. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak