facebook

4 Hal Sederhana yang Harus Disyukuri dalam Hidup, Jangan Hanya Mengeluh!

Keza Felice
4 Hal Sederhana yang Harus Disyukuri dalam Hidup, Jangan Hanya Mengeluh!
Ilustrasi wanita tersenyum. (Unsplash)

Bersyukur sebenarnya sangat mudah diucapkan, tetapi pada kenyataannya cukup sulit dilakukan dengan keikhlasan. Terkadang mungkin kamu terlalu fokus pada kekurangan, permasalahan, serta menilik kelebihan orang lain yang tidak kamu miliki, sehingga kamu jadi lebih sering menganggap kecil setiap anugerah yang Tuhan berikan dan jadi semakin jarang bersyukur. 

Padahal, selama hidup kamu tentu dilimpahi oleh banyak hal yang patut disyukuri. Dengan begitu tidak ada lagi alasan yang bisa membuat kamu tidak bahagia. Sebagai contohnya, berikut beberapa hal yang harus kamu syukuri dalam hidup.

1. Memiliki Teman-teman yang Baik

Punya teman yang baik merupakan salah satu anugerah yang patut disyukuri dalam hidup. Apalagi saat ini banyak terdengar kabar tentang pengkhianatan yang dilakukan oleh teman sendiri yang mengakibatkan hilangnya kepercayaan diri hingga kebahagiaan.

Oleh sebab itulah, kamu perlu bersyukur ketika diberikan teman yang baik. Karna dalam hidup ini pasti kamu membutuhkan orang lain yang bisa diajak bertukar pikiran atau sekadar berbagi, dan teman yang baik pasti akan memberikan kenyamanan padamu. Teman tidak harus banyak, karena yang paling penting adalah kualitasnya.

2. Kesehatan

Tentu saja kamu harus bersyukur jika dianugerahi kesehatan oleh Tuhan. Meskipun kelihatannya sederhana, tetapi kamu akan merasa susah ketika kondisi tubuhmu sedang sakit, bukan?

Kamu juga akan berpikir bahwa sehat itu berharga ketika sedang sakit. Dengan begitu pula kamu jadi merasa bahwa kesehatan merupakan nikmat yang paling mahal. Karenanya kesehatan merupakan hal terbesar yng harus kamu syukuri dalam hidup ini.

3. Kesempatan Pendidikan

Tanpa kamu sadari ternyata kesempatan mengenyam pendidikan merupakan anugerah indah yang Tuhan berikan. Kesempatan untuk bersekolah atupun kuliah adalah sesuatu yang ternyata tidak bisa dimiliki oleh semua orang.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kamu bersyukur apapun jenjang pendidikan terakhir yang berhasil kamu tempuh. Sebab, di luar sana masih banyak orang tidak beruntung yang ingin merasakan mendapat pendidikan seperti dirimu. 

4. Menghirup Udara Segar dan Bisa Tertawa

Meskipun sederhana, tetapi mendapatkan kesempatan untuk melangkah keluar dan menghirup udara segar merupakan salah satu rezeki sekaligus pengingat kalau masih banyak hal kecil yang perlu kamu syukuri. Apalagi bila kamu masih bisa tertawa bahagia karena berbagai hal yang melingkupimu.

Tanpa tawa, hidup akan terasa membosankan dan dunia pun terasa sebagai tempat menyedihkan. Karenanya kamu harus bersyukur bila memperoleh kenikmatan seperti ini.

Setelah mengetahui empat hal sederhana ini, apakah kamu sudah bersyukur sekarang? Jangan sampai kamu menganggap kecil anugerah yang telah Tuhan berikan, ya! Sebab, tanpa bersyukur hidup akan terasa selalu kurang dari berkecukupan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak