facebook

4 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri yang Perlu Kamu Ketahui

Keza Felice
4 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri yang Perlu Kamu Ketahui
ilustrasi seorang wanita (Unsplash)

Mungkin sering kali kamu terlalu menuntut diri sendiri untuk menjadi sempurna dalam segala hal. Sementara ketika semuanya tidak berjalan sesuai dengan keinginanmu, alhasil kamu pun jadi menyalahkan diri sendiri. Belum lagi sikapmu yang sering kali membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain dan akhirnya tidak bersyukur atas apa yang kamu miliki. Ini justru akan semakin membuat kamu jauh dari kedamaian hati. Oleh sebab itulah penting sekali untuk memaafkan diri sendiri apapun kesalahan yang dilakukan. Berikut ini beberapa cara untuk berdamai dengan diri sendiri.

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri Lagi

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini dan tidak ada pula orang yang luput dari kesalahan. Sedangkan menyalahkan diri sendiri dengan berlebihan justru akan membuat kamu jadi tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Karenanya daripada terus-terusan memikirkan kesalahan, cobalah untuk mengalihkan pikiranmu ke arah yang lebih positif. Dengan begitu kamu tak akan lagi menyalahkan diri sendiri.

2. Mengakui Kesalahanmu

Apabila kamu tidak bisa jujur pada orang lain karena merasa gengsi atau malu, setidaknya kamu harus bisa jujur pada diri sendiri. Melakukan kesalahan bukan sebuah akhir untuk kehidupanmu, dan bukan juga tanda dari kegagalan selamanya. Ketika kamu berani jujur dan mengakui kesalahan pada diri sendiri, ini akan membuat kamu lebih mudah menerima kenyataan serta berdamai dengan diri sendiri. 

3. Belajar Merelakan agar Lebih Tenang

Ikhlas merupakan salah satu cara untuk merelakan kesalahan yang pernah kamu lakukan, sehingga kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak merasa khawatir dengan kesalahan tersebut. Yakin dan percayalah bahwa semuanya pasti akan terlewati dan berlalu. Bahkan, setiap permasalahan seberat apapun itu, tentu saja akan ada solusinya. Dengan begitulah kamu akan menjadi lebih mudah untuk berdamai dan juga memaafkan diri sendiri. 

4. Berusaha untuk Berpikir Positif

Wajar saja kalau kamu menyesali kesalahan yang telah diperbuat, akan tetapi jangan sampai ini membuat kamu semakin berpikiran negatif tentang diri sendiri. Bahkan, pemikiran negatifmu ini bisa membuat kamu merasa tidak berguna dan tidak berharga. Oleh sebab itulah mulai dari sekarang cobalah untuk menghilangkan pikiran negatifmu terlebih dahulu, seperti dengan mengingat hal baik yang pernah kamu lakukan. Ya, setidaknya hal seperti ini akan membuat kehidupanmu menjadi lebih bermakna.

Rasa cinta bukan hanya diberikan kepada orang lain, tapi dirimu sendiri juga berhak  mendapatkannya. Oleh sebab itulah kamu harus bisa memaafkan diri sendiri untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang pada dirimu. Karenanya cobalah untuk berdamai dengan beberapa cara ini agar hidupmu jadi lebih tenang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak