facebook

3 Alasan Mengapa Cinta Itu Penting dalam Kehidupan, Kerap Tidak Disadari!

Keza Felice
3 Alasan Mengapa Cinta Itu Penting dalam Kehidupan, Kerap Tidak Disadari!
Ilustrasi cinta. (Unsplash)

Banyak jenis cinta di dunia ini yang sering kali kita temui. Misalnya cinta orang tua, cinta romantis, cinta terhadap sesama, dan cinta saudara. Semua bentuk cinta ini merupakan sebuah perekat yang menyatukan kita dan menjadikan hidup terasa bahagia dan layak untuk dijalani.

Cinta bisa tentang hubungan dua arah, di mana menerima sekaligus mengembalikan cinta itu merupakan perkara yang pasti. Banyak orang mengatakan kalau cinta merupakan bagian paling penting yang harus ada dalam hidup. Sebab kebahagiaan juga berkaitan erat dengan dicintai dan mencintai. Berikut tiga alasan mengapa cinta itu penting bagi kehidupan manusia.

1. Cinta Merupakan Sumber Inspirasi Terbaik

Apabila selama ini kamu cukup kesulitan menemukan jawaban mengapa cinta itu penting, coalah pikirkan saja setiap karya seni yang ada di duni. Mulai dari seni rupa, seni musik, lukisan, film, patung, tau mungkin teater sekalipun. Salah satu inspirasi terkuat dari kebanyakan seniman di dunia yaitu cinta. 

Memang cinta bisa menjadi inspirasi kreatif paling umum bagi para seniman di luar sana. Bahkan, seorang penulis juga tetap memiliki cinta terhadap karyanya dan karena rasa cinta itu pula mereka jadi lebih semangat untuk terus berkarya. Tak peduli apakah kamu pandai berkata-kata ataupun tidak, yang jelas dengan adanya cinta kamu bisa menjadi seseorang yang kreatif dan imajinatif, sehingga karya-karyamu akan menjadi lebih indah.

2. Cinta Memberikan Kita Kekuatan

Mungkin banyak yang mengatakan kalau cinta bisa membuat semua orang menjadi lemah. Karena cinta pula orang terkuat di dunia pun bisa bertekuk lutut, hal ini memang ada benarnya. Namun, sadarkah kita kalau sebenarnya ketiadaan cinta itulah yang akhirnya membuat seseorang mudah rapuh?

Kita pasti akan merasa down dan hancur saat kehilangan orang yang dicintai. Contoh sederhananya saat orang tuamu meninggal, atau ketika kamu baru saja putus hubungan asmara dengan kekasih. Ini merupakan sedikitnya contoh dari kehilangan cinta dalam hidup. Oleh karenanya, kehadiran cinta dalam hidup ini tak akan membuat kamu merasa lemah.

Sebaliknya, kamu justru akan semakin kuat dalam menjalani kehidupan walupun diguncang suatu permasalahan, terlebih saat kamu mendapatkan dukungan dan cinta yang kuat dari seseorang yang juga kamu cintai.

3. Cinta Mengajarkan agar Tidak Mementingkan Diri Sendiri

Salah satu sifat dasar manusia mengarah untuk mementingkan diri sendiri dan mencukupi segala hal yang diinginkan. Akan tetapi, ketika kamu mulai jatuh cinta, secara otomatis kamu akan berhenti bersikap seperti itu dan tak lagi menjadi egois.

Hal tersebut merupakan salah satu pelajaran penting dari sebuah cinta, yang mana keberadaannya membuat kita semua tidak lagi mementingkan diri sendiri. Saat sendirian mungkin kamu akan memenuhi semua kebutuhanmu sendirian, tetapi setelah menemukan pasangan kalian akan saling melengkapi kebutuhan tersebut bersama.

Itulah ketiga alasan mengapa cinta itu penting dan dibutuhkan oleh setiap manusia dalam menjalani hidup. Apabila kamu masih saja beranggapan kalau cinta itu tidak penting, bisa jadi hal ini dikarenkan kamu belum pernah jatuh cinta secara nyata.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak