facebook

5 Manfaat Menjadi Pribadi yang Teorganisir, Kamu Salah Satunya?

Lintang Larissya
5 Manfaat Menjadi Pribadi yang Teorganisir, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi bahagia, sebagai salah satu dampak baik jika seseorang memiliki pribadi yang terorganisir. (pexels)

Tidak mudah untuk menjaga keteraturan dalam banyak hal. Namun, tahukan kamu kalau menjadi pribadi yang terorganisir dapat bermanfaat untuk kesehatan mental serta dapat membantu untuk merasa lebih bahagia dan hidup lebih santai?

Tidak terorganisir sering kali mendatangkan kepusingan dalam hidup. Secara tidak disadari akan menyebabkan peningkatan stres dan depresi bagi tubuh. Menyadur Select Health, berikut lima manfaat yang akan kamu dapatkan apabila menjadi pribadi yang terorganisir.

1. Mampu Bantu Atasi Stres

Manfaat yang bisa didapatkan jika kehidupanmu terorganisir, yakni bisa membantu atasi stres. Kekacauan dapat membahayakan kesehatan karena meningkatkan tingkat stres secara tidak sadar. Biasanya, saking banyaknya kekacauan, akan sulit untuk memilah hal-hal yang masih bisa ‘diselamatkan’ sehingga semuanya akan menumpuk begitu saja tanpa ada penyelesaian.

Untuk mengatasi ini, luangkan waktu untuk memilah semuanya dan tentukanlah mana yang harus disingkirkan dan mana yang menetap. Tentunya sebelum semuanya tertumpuk tinggi. ya. Ini akan meringankan pikiran kamu, jadi stres gak gampang datang.

2. Bantu untuk Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Apa pun yang terorganisir akan dengan mudah mengumpulkan fokus pada berbagai hal yang benar-benar penting. Misalnya, mengatur jadwal dan tugas harian yang harus dikerjakan.

Apabila diri sudah berkonsentrasi untuk menyelesaikan hari itu juga, maka tidak akan menjadi beban pikiran pada malam harinya atau hari-hari berikutnya. Jadi, kamu bisa tidur dan memenuhi waktu istirahat dengan tenang.

3. Bantu Merencanakan Hidup Sehat

Menjadi orang yang terorganisir biasanya tidak luput dari perencanaan hidup sehat. Orang-orang yang terorganisir akan merasa terganggu apabila tidak melakukan hal yang seharusnya dilakukan, termasuk memilih makanan sehat dan waktu makannya. Selain bantu mengurangi kekacauan, kamu juga bisa menikmati hidup dengan sehat.

4. Tingkatkan Produktivitas

Pernah merasa lelah dan kewalahan saat mengerjakan sesuatu? Mungkin kamu belum mengatur skala prioritas dari yang terpenting, cukup penting, dan tidak penting.

Skala prioritas ini akan membawa kamu lebih memahami apa yang harus dikerjakan lebih dulu dan bantu kamu untuk lebih fokus mengerjakan suatu hal. Dapat menyelesaikan prioritas juga bisa menjadi tolak ukur pencapaian kamu menuju mimpi yang lebih besar, lho!

5. Bangun Hubungan Menjadi Lebih Baik

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dengan teman, kerabat, keluarga, atau bahkan pasangan adalah dengan menjadi pribadi yang terorganisir. Kamu harus tahu kapan harus menjalin komunikasi, saling tukar pikiran, menjadi pendengar yang baik, dan banyak lagi.

Itulah lima manfaat jika kamu menjadi orang dengan pribadi yang terorganisir. Untuk kamu yang masih belum terorganisir, sekarang belum terlambat untuk mengubah kebiasaan, lho! Mulailah untuk mengevaluasi dan meningkatkan diri, dengan membuat perubahan kecil tapi berdampak besar untuk kehidupan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak