facebook

Cara Menghilangkan Rasa Canggung di Lingkungan Baru

oce blue
Cara Menghilangkan Rasa Canggung di Lingkungan Baru
Seorang anak perempuan.[Pixabay]

Pernahkah kalian merasa canggung ketika memasuki lingkungan yang baru? Hal ini memang wajar dirasakan oleh setiap orang. Terlebih lagi jika dirimu mempunyai kepribadian introvert. Tentu bukan hal mudah bagi seorang introvert untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan asing. Mereka butuh waktu yang tidak sebentar untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru. Jika kamu masih sering merasa canggung di lingkungan baru, di bawah ini ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa canggung yang kamu alami.

1. Bangun rasa percaya diri

Bersikaplah sebagai orang yang mempunyai rasa percaya diri. Jangan anggap dirimu lebih rendah dari orang-orang di sekitarmu. Berfikir lah bahwa kamu berguna dan dapat diandalkan. Jika kamu bisa membangun kepercayaan dirimu, orang-orang yang berada di sekitarmu akan merasakan aura positif dan merasa nyaman. Bahkan orang asing sekalipun akan merasakannya jika kamu percaya diri. Tapi ingat, mempunyai rasa percaya diri yang berlebihan juga tidak baik.

2. Jangan menutup diri

Berinteraksilah dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Berilah mereka pertanyaan sederhana mengenai diri mereka. Dengan melakukan hal ini, kamu akan lebih dekat dengan mereka. Jika kamu sudah berteman dengan mereka, eratkan hubungan pertemanan mu. Membicarakan tentang hobi masing-masing atau hal yang disukai. Sebagai seorang introvert memang lebih nyaman dengan kesendirian. Namun, kamu harus sadar bahwa setiap manusia pasti membutuhkan orang lain dan tentunya kita juga harus bersosialisasi. 

3. Hilangkan pikiran negatif

Pikiran yang negatif akan membuatmu merasa tidak percaya diri dan bahkan enggan untuk mencoba mencari teman baru di lingkungan yang asing. Jangan berpikiran bahwa orang lain mungkin tidak menyukaimu. Belum tentu pikiran negatif yang ada di kepalamu adalah kenyataan. Untuk itu, hilangkan berbagai pikiran negatif yang ada. Cobalah untuk berinteraksi dengan orang lain dan carilah teman baru untuk memperluas dunia pertemanan yang kamu miliki.

Itulah tadi tiga cara yang bisa kamu aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Bukan hal yang gampang untuk memulai semuanya sekaligus. Mulailah dengan cara paling awal kemudian lakukan cara selanjutnya. Jika kamu sudah bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru, kamu pasti akan merasa lebih nyaman dan senang bertemu dengan orang-orang baru yang kamu temui.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak