facebook

5 Olahan Kentang yang Populer di Seluruh Dunia, Mana Favoritmu?

Desyta Rina Marta Guritno
5 Olahan Kentang yang Populer di Seluruh Dunia, Mana Favoritmu?
Kentang (Pixabay/Couleur/desytarina)

Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang sering dijadikan pengganti nasi. Sebagai bahan makanan yang populer di seluruh dunia, kentang juga memiliki beberapa olahan yang banyak disukai orang baik sebagai camilan atau makanan berat.

Berikut ini adalah olahan kentang yang populer di seluruh dunia:

1.     French Fries

French Fries (Pixabay/Engin_Akyurt)
French Fries (Pixabay/Engin_Akyurt)

French fries adalah salah satu olahan kentang paling populer di seluruh dunia, dimana kentang tersebut dipotong menjadi kotak memanjang  kemudian digoreng di minyak panas. French fries bisa dimakan langsung dengan saus sambal atau tomat, bisa juga sebagai teman makan burger, hotdog, dan sandwich. Tekstur French fries yang ringan serta krispi di luar lembut di dalam ini membuatnya menjadi camilan favorit orang luar negeri maupun Indonesia.

2.     Potato Chips

Potato Chips (Pixabay/FotoshopTofs)
Potato Chips (Pixabay/FotoshopTofs)

Camilan yang satu ini juga sama populernya dengan French fries, kamu bisa dengan mudah menemukan potato chips atau keripik kentang ini di toko penjual jajanan. Saat ini potato chips tidak hanya dibumbui dengan garam atau MSG, tetapi juga berbagai varian rasa seperti sapi panggang, jagung bakar, keju, dll. Potato chips cocok dimakan saat sedang berkumpul bersama keluarga.

3.     Potato Wedges

Potato Wedges (Pixabay/Engin_Akyurt)
Potato Wedges (Pixabay/Engin_Akyurt)

Potato wedges atau kentang goreng adalah pilihan camilan yang mengenyangkan. Meskipun sama-sama kentang goreng, potato wedges ini berbeda dengan French fries, potongan potato wedges lebih besar dan kulitnya juga tidak dikupas. Selain digoreng, ada pula orang yang memasak potato wedges dengan cara dipanggang. Camilan ini dihidangkan bersama mayonaise dan saus sambal.

4.     Mashed Potato

Mashed Potato (Pixabay/mp1746)
Mashed Potato (Pixabay/mp1746)

Mashed potato adalah olahan kentang dengan cara menumbuk kentang tersebut sampai halus. Bumbu yang digunakan juga tidak banyak seperti bawang putih, mentega, minyak sayur, dan krim.  Mashed potato ini cocok disajikan bersama steak atau sosis bakar sebagai pengganti nasi.

5.     Potato Au Gratin

Potato Au Gratin (Pixabay/RitaE)
Potato Au Gratin (Pixabay/RitaE)

Potato Au Gratin adalah olahan kentang khas Perancis yang dibuat dari kentang, keju, dan susu. Sebagai teman makannya, kamu bisa menghidangkan potato au gratin dengan steak, telur, atau sosis.

Itulah 5 olahan kentang yang populer di seluruh dunia, tertarik mencoba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak