facebook

4 Ciri Fake Friend yang Harus Kamu Ketahui dan Hindari, Jangan Sampai Diperdaya!

Keza Felice
4 Ciri Fake Friend yang Harus Kamu Ketahui dan Hindari, Jangan Sampai Diperdaya!
Ilustrasi sahabat. (Unsplash)

Istilah fake friend atau teman palsu kini semakin populer. Memang tak semua orang bisa tulus dalam berteman. Ada kalanya kamu justru bertemu dengan teman palsu yang tidak bisa kamu andalkan sama sekali untuk tetap bersama di masa mendatang.

Terkadang ada yang berteman denganmu karena ingin memanfaatkan apa yang kamu miliki, atau mereka berteman karena mau mengetahui informasi tentangmu sehingga mereka punya topik obrolan untuk bergosip. Fake friend memang sangat mengerikan, bukan?

Sebelum kamu menjadi korban dan dirugikan lebih banyak lagi, berikut ini empat ciri fake friend yang perlu kamu ketahui. Pasti kamu bisa merasakannya secara langsung!

1. Dia Tidak Peduli kalau Sikap dan Perkataannya Menyakiti Kamu

Ciri dari seorang fake friend, bisa kamu lihat dari bagaimana sikap dan perkataan yang selama ini ditunjukkan oleh temanmu. Apakah dia pernah memikirkan perasaanmu walaupun hanya beberapa kali saja? Kalau dia memang tidak pernah peduli pada perasanmu bahkan sering kali dia melukai hatimu melalui perbuatan dan perkataannya, ini tandanya dia memang tidak benar-benar tulus menyayangi kamu.

Sebagai teman seharusnya kalian bisa saling memahami. Akan tetapi, dia yang masa bodoh padamu sudah jelas menunjukkan kalau dia memang teman palsu yang hanya pura-pura baik, karena yang dia pikirkan hanya kepentingan dirinya sendiri.

2. Menghubungi Kamu saat Butuh Saja

Pertemanan yang sehat semestinya untuk saling memberikan dukungan dan bantuan secara bergantian. Akan tetapi, permasalahannya adalah temanmu tidak pernah mau membalas kebaikan yang pernah kamu lakukan untuknya. Dia hanya datang dan mendekat padamu ketika sedang ada perlu atau butuh bantuan. 

Akan tetapi, dia segera menjauh bila sedang berbahagia. Dia juga akan langsung menghindar saat kamu mempunyai masalah. Teman yang seperti ini harus kamu waspadai karena ini merupakan tanda sebenarnya kalau dia memang hanya memanfaatkan kamu. Tentu saja ciri ini sudah menandakan temanmu termasuk fake friend alias teman palsu.

3. Sering Kali Memanfaatkan Kamu

Ketika dia memanfaatkan sesuatu yang kamu miliki dengan alasan bahwa kalian adalah teman baik, atau mereka juga ingin maunya selalu kamu turuti, ini merupakan tanda kalau sesungguhnya mereka hanyalah fake friend.

Parahnya, bila kamu sampai menolak apa yang mereka inginkan, tanpa rasa malu mereka justru akan bersikap manipulatif dan memojokkan kamu. Sehingga  kamu pun merasa bersalah sampai akhirnya dengan terpaksa tetap menuruti apa yang mereka inginkan.

4. Membicarakan Kejelekanmu di Belakang

Apabila temanmu sering kali membicarakan tentang keburukan dan kekuranganmu di belakang kepada orang lain, apa lagi mereka juga berani mengumbar rahasia yang kamu percayakan, kamu harus sangat waspada.

Sebaiknya kamu mulai menjaga jarak karena biasanya teman seperti ini hanya terlihat baik di depannya saja. Sementara di belakang, mereka akan menjadikan kamu sebagai mangsa dan bahan bergosip. Benar-benar fake friend, bukan?

Itulah empat ciri teman palsu atau fake friend yang harus kamu ketahui dan hindari. Apakah saat ini kamu sedang berteman dengan orang yang mempunyai empat sikap di atas? Kalau iya, kamu perlu waspada dan lebih baik menjauh saja. Kamu pasti bisa menemukan teman yang ‘sesungguhnya,’ jadi jangan pernah mengurung dirimu di tengah-tengah fake friend. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak