facebook

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Pada Diri Sendiri, Beri Waktu untuk Istirahat!

Rizky Melinda Sari
5 Tanda Kamu Terlalu Keras Pada Diri Sendiri, Beri Waktu untuk Istirahat!
Ilustrasi overworking. (pexels)

Terkadang tanpa kita sadari, kita telah berlaku terlalu keras terhadap diri sendiri. Hal ini penting diperhatikan, karena jika kita terlalu keras pada diri sendiri, kita akan berakhir dengan merasa tertekan, tidak bahagia, dan selalu merasa kurang.

Berikut lima tanda bahwa kamu terlalu keras pada dirimu sendiri.

1. Terlalu sering mengkritik diri

Mengkritik diri sendiri memang penting, tetapi jangan sampai berlebihan dan terlalu keras. Jika kita terus-terusan mengkritik diri sendiri, kita akan merasa punya banyak sekali kekurangan dan akhirnya kita merasa jadi tidak percaya diri. Introspeksi diri sewajarnya saja, dan jangan sampai membuat perasaan kita tertekan dengan pemikiran kita sendiri.

2. Terus menyalahkan diri sendiri

Kita memang bisa merencanakan sesuatu dengan matang dan sebaik mungkin, tetapi kita juga harus ingat bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Ketika sesuatu terjadi di luar kendalimu, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri, karena hal ini tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi.

3. Sulit menerima pujian

Setiap manusia pasti memiliki bakat dan keunikan masing-masing. Selalu ada kelebihan yang dimiliki oleh seseorang. Kamu tidak perlu merasa tidak enak ketika mendapat pujian dari orang lain. Kamu pantas mendapatkan itu. Berhenti merasa insecureterima pujian dari orang lain dengan penuh suka cita. 

4. Tidak bisa melupakan kesalahan masa lalu

Apa yang sudah terjadi di masa lalu tidak bisa kita ulang dan kita ubah. Jangan sampai kamu terus mengungkit kenangan dan kesalahan di masa lalu karena hal ini hanya akan membuat kamu sulit berkembang dan mengambil keputusan di masa sekarang.

Sadarilah bahwa kegagalan, kekecewaan, dan kesalahan merupakan bagian dari masa lalu yang tidak bisa kita ubah, tetapi bisa kita jadikan pelajaran. Jadi, jangan terlalu keras pada diri sendiri hanya karena kesalahan di masa lalu, ya. Kamu berhak bahagia.

5. Terlalu fokus pada hal yang belum dicapai

Kamu harus bisa mengimbangi kehidupan kamu. Jangan sampai kamu terlalu fokus pada hal-hal yang belum kamu capai sehingga mengabaikan semua hal yang sudah berhasil kamu capai. Sayangi dirimu sendiri dengan memberi apresiasi. Nikmati hasil perjuanganmu selama ini, baru kamu kembali fokus pada hal-hal yang belum tercapai.

Itulah lima tanda bahwa kamu terlalu keras pada dirimu sendiri. Sayangi dan hargai diri sendiri. Jangan sampai terlalu mengeksploitasi potensi diri hingga kamu lupa untuk beristirahat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak