facebook

Harus Diingat, Ini 4 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Egois

Keza Felice
Harus Diingat, Ini 4 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Egois
ilustrasi pertemanan (Unsplash)

Seseorang bisa dikatakan egois saat mereka lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Bahkan, sering kali mereka membuatmu merasa tidak berguna dan tidak pula memikirkan bahwa bisa saja keuntungan yang mereka peroleh justru membahayakan orang lain.

Keegoisan sudah tentu membuat orang tidak nyaman. Namun, kamu tidak perlu terbawa emosi ketika menghadapinya. Lebih baik lakukan beberapa cara elegan ini untuk memberikan pelajaran menarik.

1. Katakan Apa yang Saat Ini Kamu Rasakan

Terkadang kamu perlu bertindak tegas, salah satunya dengan memberi tahu dengan jelas kalau sebenarnya mereka egois. Meskipun begitu, kamu harus tetap mengatakannya dengan pilihan kalimat yang tepat, sehingga tidak melukai perasaan orang yang bersangkutan. Kamu juga harus bisa bijaksana tanpa perlu bersikap kasar. Ingatkan saja bahwa tak selamanya dia akan berada di dekat orang-orang yang mau memahami dan menuruti setiap keinginannya.

2. Tidak Perlu Terlalu Memberikan Dia Perhatian

Biasanya orang yang egois sangat mendambakan pujian dan perhatian. Karena itulah, kamu tidak boleh memberikan hal tersebut kepadanya. Apabila mereka bertingkah manja, abaikan saja dan berpura-puralah tidak tahu apapun. Namun, bila tiba-tiba mereka datang padamu pada situasi tertentu dan menunjukkan kesedihan palsunya, sebaiknya kamu bersikap cuek dan masa bodoh. Dengan begitu, mereka akan merasa terabaikan hingga akhirnya menghentikan sandiwara keegoisannya.

3. Jangan Ikut Melakukan Apa yang Mereka Lakukan

Tidak peduli bagaimana pun orang yang bersifat egois memperlakukan kamu, hal tersebut bukan berarti bahwa kamu bisa membalasnya dengan perbuatan yang sama. Kalau kamu melakukan hal yang sama, lantas apa bedanya antara kamu dan mereka? Oleh sebab itulah kamu hanya perlu menjadi diri sendiri dan lakukan apa yang kamu inginkan. Tak perlu mempedulikan merek karena kamu harus bisa memprioritaskan diri sendiri.

Jika tetap bertahan berteman dengan orang yang egois, kamu harus bisa membentengi diri sendiri dan pertahankan kualitas kebaikanmu hingga mereka merasa malu dengan sendirinya.

4. Jangan Sering Memberikan Bantuan

Ketika orang yang egois sering kali meminta bantuan padamu tanpa mempedulikan bagaimana kondisimu saat ini, ingatlah bahwa kamu tidak wajib untuk melakukannya. Jadi, bila sekiranya kamu tidak akan mendapatkan balasan apapun dari perbuatan yang kamu lakukan, lebih baik tinggalkan dia dan tak perlu menuruti permintaannya. Kamu juga perlu membuat alasan dan tak perlu meminta maaf padanya. Biarkan dia menyelesaikan urusannya sendiri. Sekali-sekali memberi pelajaran semacam ini juga diperlukan lho.

Mudah sekali kan untuk menghadapi orang yang egois? Kamu tidak perlu menghadapi dengan emosi dan membalas perbuatannya dengan perilaku yang sama. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak