facebook

4 Cara Bijak saat Menghadapi Orang yang Suka Cari Perhatian, Salah Satunya Jaga Jarak

Rizki Putra
4 Cara Bijak saat Menghadapi Orang yang Suka Cari Perhatian, Salah Satunya Jaga Jarak
Ilustrasi bertengkar (pexels.com/LizaSummer)

Cari perhatian atau sering disebut dengan caper merupakan sikap seseorang yang selalu mencari validasi dari orang lain. Apa pun bisa dilakukan untuk bisa memperoleh perhatian dari banyak orang.

Sebenarnya, kalau terlalu caper justru membuat orang-orang di sekitar jadi risih, mungkin kamu pun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, simak di bawah ini cara menghadapi orang yang caper dengan bijak.

1. Beri dia perhatian yang sewajarnya

Bagaimanapun juga, kalau kamu menaruh atensi pada orang caper justru membuatnya semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu, hindari hal tersebut sebab membuang-buang waktu serta tengamu.

Seheboh apa pun yang dia lakukan, maka tetap bersikap sewajarnya saja, ya. Jika kamu malah terpengaruh dengan tingkah lakunya, justru membuatnya semakin puas dan merasa mendapat panggung untuk cari perhatian.

2. Bisa menjaga jarak

Kalau kamu terus dekat dengannya, tentu bisa mengganggu ruang privasimu. Sebab, jika kamu semakin dekat dengannya, justru dia makin ketergantungan denganmu.

Oleh karena itu, kamu harus bisa tegas terhadapnya jika dia menuntutmu melakukan hal-hal yang aneh untuk mencari perhatian. Bagaimanapun juga, bisa saja dia memiliki niat terselubung yang tidak kamu ketahui.

3. Bersikap acuh ketika sikap capernya sudah berlebihan

Di saat kamu telah memberinya teguran terhadap tingkah lakunya yang sudah membuat orang lain risih, tapi tidak dihiraukan perkataanmu, maka acuhkan saja sikap caper atau cari perhatiannya jika sudah berlebihan.

Bagaimanapun juga, kalau kamu terus meladeninya yang ada menguras tenaga dan pikiranmu, lho. Maka dari itu, biarkan saja kalau dia melakukan sesuatu hal dan tidak mengusikmu.

4. Jangan takut memberinya teguran

Tidak ada salahnya jika kamu memberinya teguran kalau sikap cari perhatiannya sudah membuatmu tidak nyaman. Terlebih lagi, tingkah lakunya telah membuatmu merasa tertindas atau dia menjelek-jelekkanmu dihadapan orang lain.

Biasanya ini terjadi ketika kamu sering mengacuhkannya, sehingga dia justru berani menantangmu. Oleh karena itu, kamu perlu tegas untuk memberinya teguran kalau apa yang dia lakukan sudah keterlaluan.

Bersikap diam saja bukanlah menjadi solusi baik untuk menghadapinya, sebab justru dia akan lebih semena-mena bersikap caper atau cari perhatian. Oleh karena itu, kamu bisa lakukan empat cara bijak di atas ketika menghadapi teman yang suka caper.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak