facebook

4 Dampak Buruk saat Kamu Sering Merasa Terpaksa Menjalani Hubungan Asmara

Rizki Putra
4 Dampak Buruk saat Kamu Sering Merasa Terpaksa Menjalani Hubungan Asmara
Ilustrasi bertengkar (pexels.com/KeiraBurton)

Ketika kamu menjalani hubungan asmara dengan seseorang, sudah semestinya memiliki perasaan gembira tanpa perlu memiliki tekanan apa pun. Namun sayangnya, kalau kamu merasa terbebani justru akan memberikan dampak buruk kepadamu, lho.

Nah, kamu perlu bisa lebih waspada dalam menentukan dengan siapa kamu berpasangan. Oleh karena itu, simak di bawah ini empat dampak buruk saat kamu kerap kali merasa terpaksa menjalani hubungan asmara atau pacaran.

1. Sulit bahagia ketika menjalani hubungan

Merasa ada beban tentu akan tidak nyaman selama menjalani hubungan asmara. Kalau hal ini terus terjadi, tidak heran kamu akan menyiksa diri sendiri.

Sebenarnya yang patut kamu cari adalah menjalani hubungan dengan perasaan bahagia antara satu sama lain. Jangan sampai hanya kamu sendiri yang menanggung beban suatu hubungan asmara.

2. Akan lebih mudah lelah dalam mempertahankan hubungan

Ada kondisi di mana kamu benar-benar merasa lelah untuk menjalani hubungan asmara karena menganggapnya sebagai beban. Jika terus merasa memaksakan diri melakukan banyak hal demi hubungan, sudah seharusnya saat ini kamu memikirkan dirimu sendiri, ya.

Jangan sampai kedepannya justru membuat hidupmu semakin susah. Oleh karena itu, jangan jadikan hubungan asmaramu saat ini sebagai beban, tapi cobalah untuk menikmati apa yang saat ini kamu jalani.

3. Pasanganmu pun juga merasa tidak nyaman

Ketika kamu merasa tidak nyaman dengan hubungan asmaramu saat ini, maka pasanganmu pun juga merasakan hal yang sama. Hal ini terjadi karena kamu menganggap hubungan bersamanya seperti menanggung beban.

Jangan terus-menerus memaksakan diri melakukan sesuatu hal yang tidak kamu bisa. Bagaimanapun juga, kenyamanan adalah kunci dalam hubungan tetap harmonis dan langgeng.

4. Jadi kurang fokus terhadap masa depan dirimu sendiri

Dampak buruk lainnya saat kamu merasa terpaksa menjalani hubungan asmara, adalah jadi kurang fokus terhadap masa depan dirimu sendiri. Contohnya seperti seseorang yang terus memaksa untuk selalu dekat pada pasangannya biar hubungan tetap baik, namun dia mengabaikan pekerjaannya.

Hal tersebutlah yang bisa membuatmu tidak produktif yang berimbas terhadap masa depanmu kelak. Oleh karena itu, jangan sampai menyesal terhadap perbuatanmu yang sebetulnya bisa kamu hindari.

Itulah empat dampak buruk saat kamu selalu merasa terpaksa saat menjalani hubungan asmara. Pada dasarnya percintaan adalah sebagai sumber kebahagiaan, bukannya dijadikan kesedihan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak