facebook

4 Tanda Kamu sedang Lelah Batin, Jangan Dianggap Remeh!

Desyta Rina Marta Guritno
4 Tanda Kamu sedang Lelah Batin, Jangan Dianggap Remeh!
Ilustrasi Orang Kelelahan (Pixabay/Foundry/desytarina)

Selain lelah fisik ternyata manusia juga bisa merasa lelah batin, lelah fisik bisa berupa nyeri, pusing, batuk, dan penyakit lainnya. Akan tetapi, lelah batin tidak terlihat secara langsung, disini kondisi psikis seseoranglah yang merasakan sakit tersebut.

Lelah batin sama pentingnya dengan lelah fisik, keduanya perlu diperhatikan, karena apabila disepelekan lelah batin pun juga bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik seseorang. Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa kamu sedang lelah batin, jika sudah mengalami tanda-tanda seperti ini, alangkah lebih baik jika kamu melakukan istirahat atau healing agar lelahmu terobati.

1. Tidak Fokus

Salah satu tanda kamu sedang lelah batin adalah tidak fokus dalam melakukan sesuatu, kamu pasti pernah mengalami kejadian yang aneh seperti hendak makan tetapi malah masuk kamar mandi atau sebaliknya. Hal tersebut adalah tanda bahwa batinmu sedang lelah, kamu terlalu fokus pada sesuatu yang ada dipikiranmu, sehingga apa yang kamu kerjakan saat ini menjadi salah kaprah.

2. Menyalahkan Diri Sendiri

Jika kamu terus menerus menyalahkan dirimu atas keadaan yang sedang terjadi saat ini, itu bisa terjadi karena kondisi batinmu sedang lelah. Apa yang ada di ekspektasimu berbeda dengan realita yang ada, karena tidak tau lagi harus melakukan apa, pada akhirnya kamu malah menyalahkan dirimu sendiri.

3. Berada di Titik Paling Jenuh

Pernahkah kamu merasa tidak bergairah melakukan apapun? Bahkan untuk sekedar memeriksa pesan masuk sekalipun. Semua itu seperti sangat melelahkan dan membosankan. Ini adalah tanda lelah batin, dimana setiap hari psikis kita dipaksa untuk selalu siap dalam keadaan apapun. Keadaan yang tidak diduga-duga tersebut bisa membuat batin tertekan.

4. Bingung dan Hilang Arah

Terkadang kita suka bingung dengan tujuan kita yang sebenarnya, tujuan kita bekerja, kuliah, dan hidup. Ujung-ujungnya kita menjalani semua itu dengan perasaan hampa, hidup pun serasa tidak memiliki tujuan. Kalau sudah begini, itu tandanya batinmu sedang lelah.

Itulah 4 tanda kamu sedang lelah batin. Yang perlu kamu sadari adalah semua yang terjadi saat ini adalah berkat usaha dan yang kamu lakukan, selama sudah berusaha maka kamu tidak berhak menghakimi dirimu sendiri.

Dan jika sudah mengalami tanda-tanda diatas, lebih baik kamu beristirahat sejenak dari rutinitas harian. Sempatkan waktu untuk berjalan-jalan atau sisihkan sedikit uang untuk membeli barang yang kamu suka sebagai self reward.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak