facebook

4 Tanda Ini Menunjukkan Pasanganmu Terlalu Dominan, Hubungan Asmara Bisa Toxic!

Keza Felice
4 Tanda Ini Menunjukkan Pasanganmu Terlalu Dominan, Hubungan Asmara Bisa Toxic!
Ilustrasi pasangan. (Unsplash)

Menjalin hubungan asmara akan mengubah banyak hal dalam hidupmu. Mungkin kamu tidak menyadarinya, tetapi kamu dan pasangan kekasih pasti akan menentukan dan menerapkan beberapa aturan yang harus diterapkan ataupun dihindari. Dengan dalih cinta, kamu yang semula merasa berat akhirnya akan tetap menuruti setiap permintaan yang dia berikan. Apalagi bila kekasihmu ternyata lebih dominan.

Sayangnya, terkadang kamu terlambat untuk menyadari hal tersebut, sedangkan pasangan yang dominan justru akan bertindak egois, suka mengatur, dan menjadikan hubungan kurang harmonis. Selain suka mengatur, pasangan yang dominan di dalam hubungan juga kerap memperlihatkan tanda lainnya. Kamu harus segera memahami empat tanda berikut ini, agar hubungan asmara tidak menjadi semakin tak sehat alias toxic. 

1. Dia Selalu Berharap Bahkan Menuntut Kamu Selalu Ada Untuknya

Setiap pasangan pasti ingin saling mendukung dalam setiap hal yang dilakukan oleh pasangannya. Akan tetapi, pasangan yang dominan justru lebih menginginkan kamu selalu ada untuk dia. Bahkan kekasihmu tidak peduli bagaimana kondisi yang sedang kamu hadapi, berada di mana kamu saat itu, dan apakah kamu sedang kesulitan atau tidak.

Pasanganmu hanya akan terus menuntut kamu ada untuknya. Apabila kamu sampai berani menolak, dia akan menunjukkan kemarahannya dengan berbagai cara.

2. Melewati Batasan

Pasangan yang dominan dan toxic cenderung tidak dapat memahami seperti apa ruang pribadi dalam sebuah hubungan asmara. Dia akan selalu melampaui batasan yang telah kamu buat tanpa merasa menyesal setelah melakukannya.

Hal tersebut menunjukkan kalau sebenarnya dia mempunyai sifat yang dominan dalam kepribadiannya, yang mana dia ingin menguasai segalanya termasuk tentang kamu. Kekasihmu bahkan tidak peduli terhadap apa yang kamu lakukan. Yang dia pikirkan hanya mengenai keterlibatannya dalam hubunganmu.

3. Terlalu Posesif dan Cemburuan

Apabila pasangan kekasihmu selalu saja cemburu ketika kamu berinteraksi dengan lawan jenis, atau dia kerap kali marah saat kamu ingin pergi bersama teman, ini mungkin perlu diwaspadai. Kecemburuan yang berlebihan dapat menjadi hal yang negatif serta dapat menimbulkan perilaku yang tidak masuk akal serta merugikan.

Perilaku tersebut akan diperburuk dengan adanya dukungan dari sifatnya yang terlalu dominan. Tentu saja pacarmu jadi lebih posesif dan dia akan melarang kamu untuk berteman dengan banyak orang, serta memintamu untuk menghindari teman lawan jenis dalam beberapa waktu.

4. Selalu Menyalahkan Kamu

Pasangan yang dominan akan sering menyalahkan kamu untuk setiap hal kecil yang bahkan menurutmu tidak masuk akal. Ini merupakan salah satu cara untuk mendominasi dan mempermainkan mentalmu. Dia akan berusaha membuat kamu merasa bersalah walaupun sebenarnya itu bukan kesalahnmu. 

Itulah empat tanda jika pasanganmu terlalu dominan dalam hubungan asmara. Nah, kalau kamu menemukan keempat tanda di atas dalam hubungan asmaramu, sebaiknya kamu segera mengambil sikap. Tidak ada salahnya untuk mengomunikasikannya dengan pasanganmu sebelum hubungan asmara menjadi semakin tak sehat atau toxic.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak