facebook

4 Pekerjaaan dan Soft Skill yang Paling Diminati di Tahun 2022, Fresh Graduate Wajib Tahu!

sofi windiarti
4 Pekerjaaan dan Soft Skill yang Paling Diminati di Tahun 2022, Fresh Graduate Wajib Tahu!
Ilustrasi kerja (pexels.com/YanKrukov)

Memasuki tahun 2022, teknologi semakin canggih dan orang-orang berlomba, bersaing untuk terus mencari pekerjaan yang layak dan sesuai dengan passionnya, baik fresh graduate hingga professional yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Mereka terus merencanakan karir yang akan mereka kembangkan setiap tahunnya. Membuat target pencapaian dalam to do list dan terus mencari pengalaman untuk menunjang karirrnya. Dalam dunia kerja, selalu berkaitan dengan skill yang dimiliki oleh pekerja tersebut, soft skill atau hard skill yang dimilikinya.

Biasanya sebelum masuk ke dunia kerja, seorang fresh graduate yang notabennya baru saja lulus dari sekolah atau kuliah dan belum mempunyai pengalaman sama sekali harus banyak research di internet, browsing apa saja skill yang harus dimiliki jika memilih pekerjaan ini dan itu. Mungkin kamu merasa asing dan masih belum ada pengalaman dalam banyak hal tentang dunia kerja. Oleh karena itu, inilah beberapa soft skill dan pekerjaan paling banyak diincar dan dibutuhkan oleh industri atau perusahaan, terutama di tahun 2022 ini.

4 daftar pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan di tahun 2022

1. Software Develover

Ya betul, urutan pekerjaan pertama adalah software develover. Jika kamu lihat banyak lowongan pekerjaan atau perusahaan besar selalu membuka open recruitement pekerjaan ini. World Economic Forum juga melaporkan bahwa pekerjaan seperti software developer dan engineer termasuk kedalam 10 pekerjaan yang dibutuhkan pada tahun 2022.

Mengapa? Karena di revolusi industri 5.0 semua sudah mengandalkan teknologi, internet, dan media sosial. Apalagi sudah banyak perusahaan besar yang beralih ke online. Tentu membuat perusahaan sangat membutuhkan pekerjaan software developer ini untuk mengembangkan berbagai aplikasi dan software dalam berbagai aktivitas di perusahaan tersebut. 

2. Data scientist dan data analyst

Pekerjaan kedua yang paling diminati dan diincar oleh perusahaan atau bisnis di tahun 2022, yakni data scientist dan data analyst. Hal ini karena data scientist dan analyst dapat berperan untuk perkembangan sebuah perusahaan atau bisnis. Dua pekerjaan ini biasanya juga berkolaborasi dalam mengelola data yang nantinya digunakan untuk memberi solusi yang paling tepat untuk membantu perusahaan bergerak maju.

Data scientist memiliki tugas menganalisa database perusahaan untuk meningkatkan pengembangan produk, marketing, dan strategi bisnis, serta menganalisis data agar mendapatkan insight yang dapat digunakan dalam mengembangkan bisnis perusahaan.

3. Content Creator

Pekerjaan yang paling diminati di tahun 2022 berikutnya, adalah content creator. Content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memproduksi materi yang melibatkan konsumen melalui cerita tertulis dan visual. Kamu perlu mengembangkan kualitas tertentu dan mempelajari beberapa keterampilan utama untuk menjadi pembuat konten.

Setiap perusahaan atau industri tentu memiliki media social seperti instagram atau tiktok dimana hal tersebut sangat membutuhkan seorang yang mempunyai jiwa kreatif dalam membuat konten baik konten edukasi, promosi dan konten sebagai branding untuk menaikan citra perusahaan tersebut. 

4. Digital Marketing

LinkedIn melansir bahwa digital marketer termasuk pekerjaan yang banyak dicari dan diminati pada tahun 2021 dan mengalami pertumbuhan hampir 33% dari tahun ke tahun, termasuk di tahun 2022 ini. Seperti content creator, digital marketing juga pekerjaan paling banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Sudah jelas setiap perusahaan memiliki target penjualan atau profitnya setiap tahunnya agar tidak turun omzetnya maka perusahaan harus merekrut digital marketing ini yang akan mengurus dan mengelola social media dari konten yang dibuat oleh content creator tersebut diolah bersama digital marketing dengan ide ide dan strategi promosinya agar social media sebagai kunci penting menarik perhatian customer

3 soft skill yang harus kamu siapkan dan miliki untuk dunia kerja

1. Public Speaking/Communication

Public speaking adalah kemampuan berbicara satu arah di hadapan suatu kelompok atau publik. Kemampuan satu ini memiliki banyak manfaat bagi setiap orang yang memiliki ilmunya. Terbukti dari para tokoh seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs dan Oprah Winfrey yang sukses dalam bisnis di bidang masing-masing. Mereka menggunakan kemampuan presentasi ini untuk meningkatkan karir mereka dengan menarik perhatian audiens.

Saat ini, public speaking dan soft skill communication adalah kemampuan yang paling mendasar dan harus kamu punya untuk menunjang karier. Apalagi dalam bidang media dan komunikasi atau seorang Mc, penyiar televisi atau radio wajib mempunyai soft skill komunikasi atau public speaking ini.

2. Brainstorming

Brainstorming itu sendiri adalah mengumpulkan gagasan atau ide untuk mencari solusi dari masalah tertentu. Jadi ketika dalam dunia kerja, untuk mengumpulkan pendapat masing-masing anggota dalam team harus ada dan menyampaikan gagasan/ide/pendapat, lalu mengolah dan bagaimana menyelesaikan masalah.

Ketika melakukan brainstorming, perhatikan hal yang dihindari saat melakukan diskusi. Ada 4 teknik efektif untuk melakukan brainstorming yaitu tentukan tujuan, beri waktu, hindari kritikan dan analisis ide.Selain itu juga mempunyai banyak manfaat dalam tim atau organisasi. Jadi, harus menyampaikan pendapat dan berfikir kritis ide yang harus disampaikan setelah itu dibahas atau diskusi. Brainstorming bisa disebut dengan berpikir kritis dan mencari jalan keluar.

3. Rasa Ingin Tahu, Kreatif, dan Inovatif

Soft skill berikutnya yang harus kamu miliki adalah rasa ingin tahu, kreatif, dan inovatif. Rasa ingin tahu awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan sebuah inovasi, maka ketika sudah ingin tahu akan munculah ide-ide yang kreataif dan inovatif.

Pentingnya rasa ingin tahu adalah karena di dalam dunia kerja kamu akan diberikan pekerjaan, seperti untuk reasearch dan analisis perkembangan di media sosial apa saja yang sedang viral atau hits. Apalagi menjadi pekerjaan seperti content creator, perlu sekali mempunyai soft skill rasa ingin tahu, kreatif, dan inovatif. Tak hanya content creator, tetapi semua pekerjaan hampir memerlukan soft skill satu ini.

Demikianlah empat pekerjaan dan tiga soft skill yang paling diminati dan harus kamu tahu di tahun 2022 ini, khususnya untuk para fresh graduate. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak