facebook

Kamu Harus Bahagia! Ini 3 Cara Mudah Move On dari Toxic Relationship

Keza Felice
Kamu Harus Bahagia! Ini 3 Cara Mudah Move On dari Toxic Relationship
ilustrasi seorang wanita susah move on (Unsplash)

Terjebak dalam toxic relationship atau hubungan beracun bisa menjadi dilema dalam setiap hubungan asmara. Mungkin kamu merasa tak enak hati untuk memutuskan hubungan karena khawatir tidak akan mendapatkan pengganti yang lebih daripada dia. Sayangnya, sikap toxic dalam hubungan terkadang terlalu berat untuk ditangani dan diterima. Oleh sebab itulah kamu harus menyadari bagaimana efek negatifnya untuk diri sendiri. 

Menjalani hubungan yang tidak sehat itu memberikan konsekuensi yang berat lho. Kesehatan mentalmu bahkan bisa terganggu, kamu akan tertekan setiap waktu, atau justru tidak pernah merasa tenang selama menjalin hubungan. Namun, setelah kamu berhasil lolos dari toxic relationship sebaiknya kamu tidak perlu bersedih. Lakukan beberapa cara ini supaya kamu cepat move on dan bisa segera bangkit dari lara setelah hubungan tersebut kandas.

1. Lakukan Introspeksi Diri

Setelah kamu menjalin toxic relationship dan akhirnya bisa terlepas dari hubungan beracun itu, cobalah untuk memberi dirimu sendiri waktu untuk pulih sebelum kembali memulai hubungan dengan orang baru. Istirahatlah sejenak untuk urusan kencan dan menjalin hubungan asmara. Kamu harus introspeksi diri dan jadikanlah pengalaman burukmu dalam menjalin hubungan yang sebelumnya sebagai pelajaran. Sehingga, kedepannya kamu tidak akan mengalami hal yang sama dengan orang yang baru.

2. Rasakan Setiap Emosi yang Ada

Tidak pernah membiarkan diri sendiri bersedih dan mengeluh justru bisa menjadi kesalahan kamu pada diri sendiri lho. Oleh karenanya, kamu harus bisa melepaskan dirimu sendiri dari belenggu ‘keteguhan’ yang mungkin hanya bentuk dari kepura-puraan saja. Setelah putus hubungan, kamu bebas untuk melewati semua jenis emosi dan membiarkan diri sendiri merasakannya tanpa ada penghalang. Kamu boleh bersedih, menangis, tertawa bebas, merasakan kesenangan yang mungkin sebelum-sebelumnya sempat tertahan karena dilarang oleh pasanganmu. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih bahagia

3. Memilih Pasangan Baru dengan Lebih Bijak

Kamu harus bisa menjadikan pengalaman buruk sebagai sebuah pelajaran. Apabila sebelum ini kamu telah menjalin hubungan dengan pasangan yang toxic, maka ke depannya kamu harus lebih bijak untuk memilih pasangan. Kamu pastinya sudah paham bagaimana sifat dan sikap yang dimiliki pasanganmu sebelumnya, bukan? Karena itulah mulai sekarang kamu tak perlu tergesa-gesa untuk memilih. Dengan begitu kamu tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan sebelumnya.

Itulah ketiga cara mudah untuk bisa move on dari toxic relationship yang membuat kamu terluka. Kamu harus bisa bahagia dan tidak perlu merasa sedih karena saat ini kamu sudah terbebas dari hubungan yang tidak sehat dan beracun itu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak