facebook

4 Sikap yang Bisa Membuat Hidupmu Semakin Bahagia, Sudah Tahu Belum?

Latifah ..
4 Sikap yang Bisa Membuat Hidupmu Semakin Bahagia, Sudah Tahu Belum?
Ilustrasi wanita tersenyum. (pexels.com/AlinaVilchenko)

Kalau dipikir-pikir, apa pun yang dilakukan manusia sebenarnya bermuara pada keinginan merasakan kebahagiaan. Sebagai contoh, kerja keras dalam bekerja tujuannya ingin membuat dirimu sendiri bangga dan punya penghasilan sendiri sehingga gak bergantung pada orang lain.

Tidak hanya itu, kalau kamu punya penghasilan besar tentunya akan membuat orang tua bahagia, dan kamu pun senang jadi bisa membantu sesama. Nah, berikut ini akan diulas sikap apa saja yang bisa membuat hidupmu semakin bahagia. Ingin tahu kelanjutannya? Let’s check it out!

1. Berprasangka baik

Sikap pertama yang bila kamu latih bisa membuat hidup jadi lebih bahagia, yakni berprasangka baik. Dengan berprasangka baik, kamu jadi gak mudah untuk menghakimi seseorang.

Selain itu, orang yang berprasangka baik gak akan gampang terbawa perasaan dan tersinggung. Dengan demikian, banyak orang akan senang bergaul denganmu.

2. Senantiasa bersyukur

Hidup ini bisa dilihat dari dua sisi, yakni sisi negatif dan sisi positif. Semua itu kembali pada pilihan masing-masing. Apabila kamu terbiasa melihat sisi negatif, maka hasilnya pun akan negatif.

Kamu jadi mudah mengeluh, masalah sepertinya enggak rapi-rapi menghampiri hidupmu, dan itu semua bikin kamu sulit bahagia.

Sebaliknya, bila kamu mampu menanamkan rasa syukur kendati kondisimu tak ideal. Maka, kamu akan melihat banyak hal positif dalam hidup ini yang pantas kamu nikmati dan syukuri.

3. Memiliki tujuan hidup

Hidup tanpa tujuan akan membuatmu rentan terbawa arus dan dipengaruhi faktor luar. Dengan memiliki tujuan, kamu hidupmu jadi terarah, sehingga waktu yang kamu miliki pun bisa dimanfaatkan dengan baik.

Memiliki tujuan hidup akan mendorongmu mempunyai kehidupan yang berkualitas. Kamu sadar bahwa tiap orang berhak menetapkan hidupnya seperti apa, dan kamu sangat berhak untuk memperoleh kenyaman dalam hidup yang bikin bahagia.

4. Ikhlas menerima kekuranganmu

Keikhlasan menerima kekurangan akan menghindarimu dari perilaku membanding-bandingkan. Membanding-bandingkan inilah yang kadang bikin kamu sulit bersyukur dan bahagia. Kamu selalu melihat kehidupan orang lain itu lebih sempurna.

Dengan ikhlas menerima kekurangan, kamu sadar bahwa tiap orang punya jalan hidupnya sendiri-sendiri, dan karakter masing-masing. Oleh karena itu, lebih baik fokuskan saja pada pengembangan diri sendiri, bukan sibuk melihat seperti apa pencapaian orang lain.

Itulah keempat sikap yang bisa membuat hidupmu semakin bahagai, tapi jarang disadari. Latihlah sikap-sikap tadi, maka niscaya hidupmu jadi lebih bahagia. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak